Hacker Klaim Bobol Naskah "Game of Thrones", Dipakai Peras HBO - Kompas.com

Hacker Klaim Bobol Naskah "Game of Thrones", Dipakai Peras HBO

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 08/08/2017, 17:09 WIB
Ilustrasiablogofthrones Ilustrasi

KOMPAS.com - Spoiler atau bocoran serial episode Game of Thrones semakin banyak yang bertebaran. Setelah serial season 7 episode 4 sempat bocor, sekarang giliran naskah untuk Game of Thrones episode 5 yang bakal disebar di internet.

Sekitar satu bulan lalu, hacker atau peretas berhasil menyusup ke dalam server HBO dan mengambil sejumlah data. Salah satunya adalah e-mail kepada para eksekutif HBO yang berisi naskah Game of Thrones episode 5 sekaligus ringkasannya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Mashable, Selasa (8/8/2017), para peretas itu pun mengancam HBO akan menyebarkan naskah dan ringkasan cerita Game of Thrones episode 5 ke internet.

Sebagai bukti peretasan, para pelaku itu mengirim sembilan data dari e-mail petinggi HBO dan sebuah surat dalam bentuk video. Dalam surat tersebut tertulis pernyataan dari para hacker yang telah mengaku telah masuk dalam sistem jaringan HBO.

“Kami telah sukses menyusup dalam jaringan Anda yang begitu besar. HBO merupakan salah satu target tersulit kami, tapi akhirnya berhasil (setelah 6 bulan berusaha),” demikian isi surat tersebut.

Para peretas itu kemudian berusaha memeras HBO dengan meminta sejumlah uang sebagai kompensasi. Sayangnya, tidak diketahui berapa besaran jumlah uang yang diminta.

Meski ada klaim peretasan ini dan ancaman ini, toh naskah Game of Thrones episode 5 masih belum terlihat dengan jelas di internet. Selain itu, sampai sekarang masih belum ada indikasi jelas mengenai pembobolan server e-mail HBO dalam skala besar.

Jika memang benar, peretas telah mendapatkannya pun, mereka belum mendapatkan file berisi satu film utuh. Dengan demikian, bocoran kali ini akan berbeda dibandingkan Game of Thrones episode 4 pekan lalu yang sudah berisi seluruh adegan film.

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto
Sumber Mashable
Komentar