Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Tiruan Snapchat Bikinan Facebook Ditutup

Kompas.com - 10/08/2017, 12:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pernah dengar Lifestage? Aplikasi yang keberadaannya jarang diketahui ini merupakan salah satu klon Snapchat yang dirilis oleh Facebook sekitar setahun lalu.

Usia Lifestage ternyata hanya seumur jagung, karena pekan lalu Facebook memutuskan untuk menutupnya. Aplikasi Lifestage sudah dicabut dari toko aplikasi Apple App Store pada 4 Agustus.

Sebelumnya, Lifestage sudah ditelantarkan dengan tidak menerima pembaruan selama berbulan-bulan. Namanya pun tak pernah terlihat di tangga aplikasi terpopuler App Store sepanjang kiprahnya yang singkat.

Kendati layu sebelum berkembang, Facebook mengatakan pihaknya mengambil "banyak pelajaran" dari Lifestage dalam mengembangkan produk-produk berikutnya.

Baca: Lifestage, Snapchat Bikinan Facebook Khusus Remaja

"Kami mulanya meluncurkan Lifestage untuk mempermudah para remaja di AS untuk saling terhubung dengan teman-teman di sekolah," ujar seorang juru bicara Facebook kepada Business Insider, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Kamis (10/8/2017).

"Remaja tetap menjadi bagian penting komunitas global di Facebook. Kami telah belajar banyak dari Lifestage. Pelajaran-pelajaran ini akan terus diterapkan di aplikasi utama Facebook.

Diciptakan oleh pegawai Facebook yang baru berumur 20 tahun, Michael Sayman, Lifestage merupakan aplikasi berbagi selfie dan video mirp Snapchat.

Hanya anak muda yang bisa bergabung di Lifestage. Batasan usia dipatok di angka 21 tahun. Mereka yang lebih tua dari itu tak bisa menggunakannya.

Belum lama Lifestage melakukan debut, ia justru dipinggirkan oleh sang empunya sendiri yang merilis fitur-fitur mirip Snapchat (Stories, Status) di tiga aplikasi raksasa, yakni Instagram, WhatsApp, dan Facebook. Jumlah pengguna Lifestage tak pernah diungkap oleh pemiliknya.

Baca: Jakarta Jadi Kota Terpopuler di Instagram Stories

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com