Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Resmi Android O Diumumkan Saat Gerhana Matahari Total?

Kompas.com - 13/08/2017, 13:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Informasi terbaru beredar seputar pengumuman Android O. Google dikabarkan bakal mengumumkan nama resmi untuk sistem operasi Android O bertepatan dengan momen gerhana matahari total di belahan Bumi bagian Amerika Serikat (AS). 

Adapun momen yang disebut Great American Total Solar Eclipse tersebut jatuh pada 21 Agustus 2017.  Gerhana matahari total di AS akan membentang dari Oregon hingga South Carolina, sepanjang 112 kilometer.

Informasi soal pengumuman nama resmi Andorid O yang berbarengan dengan momen gerhana matahari toal di AS ini terendus dari beberapa sumber berlainan.

Mula-mula, sumber dalam perusahaan mengatakan Google akan meluncurkan pembaruan untuk Android O yang masih dalam versi beta pada akhir Agustus 2017. Isu itu lantas berkembang.

Sumber lain yang familiar dengan rencana Google mengatakan, sang raksasa mesin pencari itu bakal mengumumkan nama komersil Android O bertepatan dengan gerhana matahari pada 21 Agustus.

Yang teranyar, pembocor ulung Evan Blass pun turut membenarkan kabar rilis resmi Android O pada 21 Agustus. Menurut Evan Blass, jika tak tepat pada tanggal itu, setidaknya Android O sudah memiliki nama resmi dalam pekan tersebut.

Baca: Menebak Nama Resmi Android O

“Jadwal rilis Android O dijadwalkan pada pekan 8/21. Sepertinya pada tanggal 21 itu sendiri,” Evan Blass sesumbar via akun Twitter personalnya, @evleaks.


Hingga kini pihak Google masih enggan banyak bicara soal rumor yang beredar, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (13/8/2017) dari PhoneArena.

Android O yang pertama kali diperkenalkan di ajang Google I/O 2017 pada Mei lalu tak serta-merta diumumkan nama resminya.

Beberapa saat lalu, beredar isu bahwa nama Android O akan lepas dari tradisi penamaan camilan manis. Hal ini karena pada Android O Beta, ditemukan gurita alias octopus bergerak. Google menyelipkan easter egg yang ditemukan di bagian Settings. Ketika logo O ditekan, layar langsung menampilkan cumi-cumi virtual.

Pengguna Android O versi beta pun bisa berinteraksi dengan gurita tersebut dengan menggerakkannya ke sana ke mari sesuka hati. Kehadiran octopus ini yang memunculkan spekulasi bahwa “O” pada Android teranyar tak lain adalah “Octopus”. Benar atau tidaknya kita tunggu saja 21 Agustus nanti.

Baca: Android O Resmi Meluncur, Ini 5 Fitur Unggulannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com