Bocah 17 Tahun Juarai Kompetisi Microsoft Excel Tingkat Dunia - Kompas.com

Bocah 17 Tahun Juarai Kompetisi Microsoft Excel Tingkat Dunia

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 14/08/2017, 08:03 WIB
Pemenang Microsoft Excel sedunia, John Dumoulin.CNN Pemenang Microsoft Excel sedunia, John Dumoulin.

KOMPAS.com - Kemampuan mengoperasikan Microsoft Office, termasuk Excel, bisa dibilang sangat mendasar di era teknologi seperti sekarang. Hampir semua orang menguasai teknik-teknik dasar Microsoft Office sehingga tak ada yang begitu spesial.

Meski demikian, barangkali sedikit yang tahu bahwa perlombaan dunia bertajuk “Microsoft Office Specialist World Championship” telah 16 tahun digelar secara rutin.

Lomba itu mencari remaja yang paling jago berkutat dengan aplikasi Microsoft Office dari seluruh dunia. Tahun ini, juara pertama untuk kategori Microsoft Excel jatuh pada remaja 17 tahun asal Woodbridge, Virginia, Amerika Serikat.

Bocah bernama John Dumoulin itu berhasil menyisihkan 150 peserta lainnya dari 49 negara. Kemenangannya sekaligus mengukuhkan untuk pertama kalinya peserta dari Amerika Serikat menyabet penghargaan di Microsoft Office Specialist World Championship.

Baca: Pria Ini Habiskan 9 Jam Cari Kolom Terakhir Excel, Kurang Kerjaan?

“Saya tak terlalu berharap menang karena saya tahu persaingannya sengit,” kata John Dumoulin.

Remaja tersebut membawa pulang hadiah uang tunai senilai 7.000 dollar AS atau setara Rp 93 juta. Ia juga diberikan satu unit Xbox.

Selama perlombaan, peserta diberi waktu 50 menit untuk menunjukkan keahlian di Microsoft Word, Excel, atau PowerPoint. Ada total 6 kategori, dimana para peserta bisa memanfaatkan Microsoft versi 2013 atau 2016.

Khusus untuk Microsoft Excel, John Dumoulin bercerita para peserta diberikan sebuah spreadsheet yang komplit untuk kemudian dibuat kembali, sebagaimana dilaporkan CNN dan dihimpun KompasTekno, Senin (14/8/2017).

Dumoulin sendiri telah lama mengotak-atik Microsoft Excel. Ia pertama kali membuat spreadsheet saat SMP untuk merekam jejak statistik dari tim baseball kesukaannya, Los Angeles Dodgers.

Bermula dari situlah ia tergerak untuk mengikuti program IT di sekolahnya. Ia lantas menonjol dan diminta untuk mewakili sekolahnya di ajang dunia hingga akhirnya menang.

Baca: Ini Dia, Harga Microsoft Office 2016 di Indonesia

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
SumberCNN
Komentar