Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Kamera Andalan Google Pixel Bisa Jalan di Smartphone Lain

Kompas.com - 14/08/2017, 18:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Seri smartphone Pixel besutan Google memiliki kamera yang mampu menjepret gambar-gambar indah berkat fitur eksklusif seperti HDR+.

Bisakah fitur kamera tersebut dipindahkan dan berjalan di smartphone Android lain? Ternyata bisa, sebagaimana ditemukan oleh seorang developer Ukraina bernama alias B-S-G.

Dia membuat versi port dari aplikasi Google Camera versi 4.4 milik Google Pixel. Software ini diambil dari Android O versi developer review yang dirilis Juni lalu dan bisa berjalan di smartphone selain Pixel.

Syaratnya, smartphone yang bersangkutan mesti memiliki ISP Hexagon atau yang lebih baru. Pengolah gambar ini tertanam di beberapa chip high-end terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 820, 821, dan 835.

Baca: CEO Google Janji Datang ke Indonesia ketika Pixel Dirilis

Seorang penulis di XDA Developer telah menguji dan memastikan software yang bersangkutan bisa berjalan di sejumlah ponsel, termasuk LG G6, OnePlus 3, OnePlus 3T, dan OnePlus 5.

Seperti dirangkum oleh KompasTekno, Senin (14/8/2017), dia menuturkan bahwa fitur HDR+ di aplikasi Google Camera 4.4 versi porting benar-benar berfungsi di ponsel-ponsel dimaksud.

Contoh jepretan kamera OnePlus 3 dengan aplikasi Google Camera 4.4 hasil porting. Deretan atas menunjukkan hasil foto tanpa fitur HDR Plus. Deretan bawah adalah hasil dengan fitur HDR Plus diaktifkan.Adam Conway/ XDA Developers Contoh jepretan kamera OnePlus 3 dengan aplikasi Google Camera 4.4 hasil porting. Deretan atas menunjukkan hasil foto tanpa fitur HDR Plus. Deretan bawah adalah hasil dengan fitur HDR Plus diaktifkan.

Sebagai contohnya diambil beberapa jepretan dari kamera OnePlus 3 dalam keadaan HDR+ aktif dan non-aktif. Dengan HDR+, area terang (highlight) dan gelap (shadow) di gambar tampak memiliki exposure lebih seimbang.

Aplikasi Google Camera 4.4 hasil porting itu telah diperiksa untuk mendeteksi kemungkinan adanya malware yang menyusup dan telah dipastikan aman.

Untuk informasi selengkapnya dan mengunduh aplikasi itu, silakan kunjungi XDA Developer di tautan berikut.

Perlu ditambahkan bahwa Google Camera 4.4 dioptimalkan untuk hardware Googel Pixel dan karena itu mungkin tidak berfungsi penuh di smartphone lain.

Baca: Beredar Bocoran Foto Asli Google Pixel 2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com