Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Twitter Resmi Metro TV Tak Bisa Diakses, Mengapa?

Kompas.com - 15/08/2017, 12:58 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Akun resmi Twitter milik situs berita Metro TV pada Selasa (15/8/2017) pagi tidak bisa diakses. Setiap kali pengguna membukanya, baik melalui mobile app maupun browser, terdapat pemberitahuan bahwa akun tersebut telah di-suspend atau dibekukan.

Belum diketahui apa penyebab akun Twitter resmi Metro TV yang telah ter-verified (tanda centang di belakang nama), di-suspend oleh Twitter. KompasTekno telah berupaya menghubungi pihak Twitter Indonesia, hingga berita ini ditayangkan belum ada penjelasan.

Namun, sumber terpercaya mengatakan kepada KompasTekno bahwa suspend terhadap akun Twitter resmi Metro TV itu terjadi akibat pelanggaran copyright atau hak cipta.

"Kena copyright dari FA (Football Association)," ujar sumber yang tidak bersedia disebutkan namanya itu. FA adalah asosiasi sepakbola yang berada di Inggris.

Kemungkinan, akun Twitter Metro TV mengunggah video dengan lisensi dari FA, seperti potongan video pertandingan sepakbola Liga Inggris. Video tersebutlah yang dilaporkan oleh FA telah melanggar copyright.

Tim internal Metro TV saat ini dikatakan sedang berupaya untuk membuka suspend tersebut.

Twitter memang membatasi jenis konten yang boleh dibagikan di platformnya. Salah satu konten yang dilarang menurut Terms of Services Twitter adalah konten dengan hak karya cipta (copyright).

"Untuk memberikan layanan dan komunikasi agar pengguna tetap terhubung, ada batasan tipe konten yang bisa dipublikasikan di Twitter," demikian tulis Twitter di laman Support-nya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com