Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Keamanan Sebuah Aplikasi

Kompas.com - 15/08/2017, 17:59 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia solusi keamanan aplikasi, F5 Network, membeberkan betapa pentingnya keamanan di tingkat aplikasi. Jika tidak diperhatikan dengan baik, penjahat cyber bisa saja menyerang perusahaan melalui aplikasi tersebut.

Senior Director Marketing Asia Pacific F5 Networks, Kunacillan Nalappan, membeberkan, aplikasi begitu penting bagi bisnis. Lewat aplikasi, sebuah perusahaan dapat melakukan banyak kegiatan, salah satunya pemasaran.

"Perusahaan bisa menyebarkan kampanye bisnis melalui aplikasi," kata Nalappan dalam acara jumpa media di Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Sebagai contoh, perusahaan bisa mengumumkan harga diskon untuk produk tertentu melalui aplikasi.

Selain itu, saat ini, banyak perusahaan juga yang menjalankan bisnis hanya bergantung kepada aplikasi. Uber, contohnya. Pemesanan transportasi Uber hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi, tidak melalui telepon.

Semakin banyaknya aplikasi yang beredar, tingkat risiko keamanan juga semakin meningkat. Pasalnya, aplikasi tersebut memiliki kerentanan yang bisa dimanfaatkan oleh para penjahat cyber.

Oleh karena itulah, F5 menekankan, aplikasi juga harus memiliki tingkat perlindungan atau keamanan yang tinggi.

Solusi keamanan aplikasi dari F5 Network

F5 Networks sendiri memiliki solusi keamanan untuk aplikasi. Solusi-solusinya beragam, termasuk enkripsi dan dekripsi data. Ada juga solusi firewall untuk aplikasi.

Selain itu, banyak perusahaan yang menaruh aplikasinya di cloud atau komputasi awan.

Menaruh aplikasi di cloud memang dianggap solusi lebih mudah dibandingkan membangun infrastruktur sendiri. Meski begitu, tidak ada parameter untuk melindungi aplikasi dari ancaman penjahat cyber.

"Oleh karenanya, kami membangun web application firewall," kata Judd.

Layanan Web Application Firewall (WAF) milik F5 Networks sendiri cukup mumpuni. Buktinya, solusi tersebut menduduki posisi puncak di kuadran Leaders (pemimpin pasar) untuk layanan WAF.

F5 Networks mampu unggul dari Imperva dan Akamai yang sama-sama masuk ke kuadran Leaders. F5 juga unggul dari Cloudflare, Citrix, Fotinet, dan Barracuda Networks yang ada di kuadran Challangers. Kuadran itu sendiri disusun oleh firma riset pasar Gartner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com