Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meluncur Berbarengan dengan Gerhana Matahari, Apa Nama Android O?

Kompas.com - 19/08/2017, 13:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Hari Senin, tanggal 21 Agustus mendatang, gerhana matahari total akan menyapu wilayah Amerika Serikat untuk pertama kalinya sejak tahun 1918. Momen bersejarah ini rupanya ikut dimanfaatkan oleh Google untuk meresmikan sistem operasi mobile terbarunya, Android O.

Raksasa internet tersebut membuka sebuah situs web baru berisi hitung mundur menuju gerhana matahari total di Amerika Serikat.

Android O akan mendarat bersama dengan gerhana matahari total dan membawa sejumlah kekuatan baru yang manis!” tulis Google dalam laman yang bersangkutan.

Situs web itu akan turut menayangkan dua event di hari yang sama, yakni live streaming gerhana matahari total dari NASA di kota New York, pukul 12.00 siang waktu setempat. Kemudian dilanjutkan perkenalan resmi Android O di kota yang sama, pukul 14.30 waktu setempat.

Ada juga sejumlah informasi lain seperti jadwal kedatangan gerhana matahari total di kota-kota besar di Amerika Serikat dan proyek Eclipse Megamovie yang mengajak para penonton gerhana di seantero Amerika untuk bersama-sama mengabadikan peristiwa tersebut.

Bagaimana dengan Android O? Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Pocket Lint, Sabtu (19/8/2017), sistem operasi mobile tersebut sejauh ini masih berada dalam tahap developer beta.

Julukannya pun masih belum diketahui. Ada beberapa nama yang diduga akan dipilih oleh Google, antara “Oatmeal Cookie”, “Orange Julius”, hingga “Orange Sherbert”.

Menilik sejarah Google, ada kemungkinan Android O akan bernama “Oreo” lewat cross licensing dengan pemilik brand kue tersebut. Hal serupa pernah dilakukan Google lewat Android Kitkat. Terlebih, bentuk bundar gerhana matahari total agaknya bersesuaian dengan biskuit manis yang populer itu.

Baca: Menebak Nama Resmi Android O

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com