Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kitkat Dituduh Jiplak Game Buatan Pendiri Apple

Kompas.com - 20/08/2017, 08:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Setelah muncul sebagai nama salah satu versi OS Android, cemilan wafer berlapis cokelat, Kitkat, kembali bersinggungan dengan dunia teknologi.

Kali ini dengan cara yang kurang mengenakkan, karena Nestle selaku empunya brand Kitkat dituding telah menjiplak konsep game Atari yang berjudul Breakout dalam salah satu video iklannya.

Video iklan dimaksud memperlihatkan sebaris orang dari berbagai umur bermain game sambil duduk di sofa. Game tersebut memiliki tampilan mirip Breakout, di mana pemain memantulkan bola untuk menghancurkan deretan balok di sisi atas layar.

Bola akan memantul ke bawah setelah menghancurkan balok. Pemain harus memantulkan bola kembali ke arah balok dengan menggerakkan papan kecil di sisi bawah layar. Dalam video iklan, Nestle mengganti balok dengan batangan cokelat Kitkat.

Tampilan game Breakout besutan Atari.Atari Tampilan game Breakout besutan Atari.

“Nestle menyontek layar Breakout, mengganti balok dengan Kitkat, lalu mengundang konsumen untuk ‘break out’ dan membeli lebih banyak cokelat,” tulis Atari dalam dokumen gugatan hukumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Minggu (20/8/2017).

Game Breakout sendiri diciptakan oleh Steve Wozniak dengan dibantu oleh Steve Jobs. Duo pendiri Apple itu membuat Breakout sebagai penerus game Pong di konsol game Atari.

Seorang juru bicara Nestle mengatakan bahwa video tersebut merupakan iklan lama yang tayang di Inggris pada 2016 dan sudah tidak disiarkan lagi.

“Kami sudah mengetahui perihal gugatan hukum (Atari) yang dilayangkan di Amerika Serikat dan akan mempertahankan diri terhadap tuduhan-tuduhannya,” ujar sang juru bicara.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com