Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Axiata Juga Lepas Saham Situs Belanja Elevenia

Kompas.com - 24/08/2017, 16:00 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata melepas seluruh kepemilikan sahamnya dari layanan e-commerce Elevenia. Sebelumnya, perusahaan asal Korea Selatan SK Planet, telah lebih dulu mengumumkan pelepasan saham di Elevenia.

XL Axiata memiliki 50 persen saham di Elevenia, sama dengan yang dimiliki SK Planet. Adapun saham keduanya diserahkan kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd. melalui mekanisme Perjanjian Jual Beli Bersyarat atau CSPA.

Presiden Direktur sekaligus CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan keputusan melepas Elevenia diambil melalui perhitungan yang cermat. Dalam keterangan resminya, XL Axiata berharap keputusan ini mengurangi dampak kerugian yang timbul dari Elevenia.

Dengan begitu, operator bernuansa biru itu bisa mengalokasikan modal untuk menghasilkan keuntungan bagi pemegang sahamnya. Ke depan, XL Axiata bakal fokus kepada kekuatan utama di sektor layanan data mobile.

"Dukungan terhadap industri e-commerce akan tetap kami lakukan melalui fitur-fitur digital di layanan data yang kami sediakan untuk pelanggan,” kata Dian Siswarini dalam keterangan tertulis yang dikutip KompasTekno, Kamis (24/8/2017).

Di Indonesia, sektor e-commerce tumbuh sangat pesat dengan banyaknya pemain baru yang bermunculan. Kompetisi yang ketat akhirnya mendorong sektor ini ke dalam model bisnis dengan investasi besar.

Pendatang baru yang didukung investor raksasa memperuncing kompetisi, sehingga jurang ketidakpastian terhadap profitabilitas para pemain lama semakin tampak.

Pada kasus Elevenia, proses pengalihan saham dari XL Axiata dan SK Planet kepada pihak baru melalui CSPA ditargetkan rampung pada paruh kedua tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com