Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Station Bakal Sebar Internet WiFi Gratis di Indonesia

Kompas.com - 24/08/2017, 17:53 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Google Station, yakni area akses WiFi gratis untuk publik buatan Google, dipastikan segera masuk ke Indonesia. Raksasa internet itu menjanjikan akan mulai memproses pemasangan WiFi tersebut tahun ini.

Google tidak sendirian dalam upaya menghadirkan WiFi gratis tersebut. Mereka menggandeng rekanan lokal, yakni perusahaan penyedia akses internet CBN dan FiberStar.

Google akan mengelola kualitas koneksi WiFi tersebut menggunakan berbagai software buatannya. Sedangkan CBN dan FiberStar berperan menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai WiFi.

“Di Indonesia banyak halangan untuk membuat akses internet yang bagus. Karena itu kami akan membawa Google Station ke Indonesia,” terang Country Director Google Indonesia, Tony Keusgen dalam acara Google for Indonesia, di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

“Pertama Google Station akan ada di Jakarta, lalu Surabaya, Denpasar, Bandung, lalu kota-kota lain. Kami akan mulai tahun ini, jadi nanti akan ada jutaan orang yang bisa mengakses WiFi publik tersebut,” imbuhnya.

Tony menjanjikan kualitas koneksi Google Station bakal lebih baik dibanding kebanyakan WiFi publik. Penggunanya nanti bakal merasakan kecepatan internet tinggi, bisa dengan mudah streaming video HD dan mengakses berbagai layanan dasar seperti e-mail.

Google Station sendiri saat ini sudah ada di India. Raksasa internet tersebut memasangnya melalui kerja sama dengan operator lokal, RailTel dan Indian Railways.

“Kalau di India kami pasang di lebih dari 200 stasiun kereta. Kemudian karena ada Google Station, maka 15.000 orang di India jadi mulai mengenal internet untuk pertama kali,” terang Tony.

“Masalah India itu kurang lebih sama. Kami sangat optimis dengan peran internet dalam perkembangan Indonesia, dan dalam beberapa bulan mendatang akan meluncurkan Google Station ini,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com