Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waze Bisa Memandu Mobil Sesuai Aturan Ganjil-Genap di Indonesia

Kompas.com - 24/08/2017, 19:22 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Google mengumumkan akan membuat sebuah fitur baru untuk Waze, khusus di Indonesia. Fitur tersebut adalah kemampuan untuk mengenali jalur ganjil-genap dan menyesuaikan arah perjalanan dengan plat nomor kendaraan pengguna.

“Kami punya beberapa hal baru untuk Waze. Untuk Indonesia, kami punya fitur khusus untuk mengenali (aturan) ganjil-genap,” terang Director of Growth for Waze, Di-Ann Eisner dalam acara Google for Indonesia, di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

“Sekarang fitur ini sedang kami uji coba. Fungsinya supaya pengguna di Indonesia bisa navigasi arah berdasarkan plat nomor kendaraannya. Cukup dengan memasukkan dua digit terakhir plat nomor ke dalam Waze,” imbuhnya.

Menurut Di-Ann, fitur tersebut khusus dikembangkan untuk Indonesia, yang tercatat memiliki dua juta orang pengguna aktif Waze per hari. Namun karena masih masa percobaan, fitur ini masih belum bisa diakses publik.

Selain fitur ganjil-genap, Waze juga mengembangkan dua fitur lain yang bisa dinikmati pengguna di Indonesia.

Fitur tersebut adalah integrasi dengan Spotify, untuk memberikan rekomendasi playlist khusus di perjalanan dan voice prompt atau navigator berbahasa Indonesia.

“Suara navigator berbahasa Indonesia bisa langsung Anda dapatkan dari menu pilihan bahasa Waze. Ada tiga pilihan yang tersedia, yakni Bahasa Indonesia - Dian, Septi dan Alva,” terang Di-Ann.

“Selain itu, pengguna juga bisa merekam suaranya sendiri dan digunakan sebagai suara navigator di aplikasi,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com