Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Membedah Kamera Ganda Galaxy Note 8

Kompas.com - 24/08/2017, 19:56 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Samsung merilis smartphone seri Galaxy dengan fitur dual camera alias kamera ganda. Fitur ini disematkan ke dalam smartphone Galaxy Note 8 yang dilunurkan Rabu (23/8/2017) di New York, AS.

CEO Samsung, DJ Koh di lokasi peluncuran mengatakan bahwa dual camera di Galaxy Note 8 ini adalah yang terbaik di kelasnya dan bisa diandalkan di semua kondisi.

Sesumbar Koh yang mengatakan bahwa kamera Galaxy Note 8 tidak ada duanya saat dirilis memang layak dibenarkan. Pasalnya, konfigurasi dual camera di Galaxy Note 8 ini belum dimiliki oleh smartphone-smartphone lain di dunia, bahkan iPhone 7 Plus sekalipun.

Kamera Galaxy Note 8 memiliki lensa sudut lebar (wide) dan zoom (telephoto).
Lensa wide memiliki resolusi 12 megapiksel dengan focal length 26 mm dan bukaan lensa f/1,7. Sensor untuk kamera wide ini berukuran 1/2,55 inci. Di setup kamera wide ini Samsung juga memberikan sensor dual pixel.

Sensor dengan dual pixel ini diklaim lebih peka terhadap cahaya, sehingga mempercepat penguncian fokus, dan performa di kondisi remang atau minim cahaya lebih mumpuni.

Sementara untuk kamera tele, juga mengusung resolusi 12 megapiksel, memiliki sensor ukuran lebih kecil 1/3,4 inci, diafragma lebih kecil f/2,4, dengan focal length lebih jauh, 52 mm.

Artinya, sistem kamera wide-tele Galaxy Note 8 mengadopsi konfigurasi mirip iPhone 7 Plus, yakni kombinasi wide-tele yang perbedaan focal length keduanya adalah 2x.

Dual camera di Galaxy Note 8Samsung Dual camera di Galaxy Note 8
Setup seperti ini memberikan sensasi ke pengguna bahwa mereka memiliki kamera dengan lensa zoom optik 2x, saat berubah dari mode wide ke telephoto.

Sementara untuk zoom digital, Galaxy Note 8 memiliki tingkat perbesaran digital hingga 10x. Berbeda dengan zoom optik, zoom digital pada dasarnya adalah memotong bidang gambar (crop) lebih kecil untuk kemudian menampilkannya secara lebih besar.

Yang menjadikan Galaxy Note 8 berbeda dari smartphone dual camera lain adalah, kedua lensa Galaxy Note 8 dibekali dengan sistem penstabil optik (optical image stabilizer/OIS) untuk mencegah hasil foto blur saat digenggam.

Banyak juga smartphone lain yang mengemas fitur dual cameranya, seperti iPhone 7. Namun biasanya hanya satu lensa saja yang dipekuat dengan OIS. Untuk diketahui, fitur OIS hanya terdapat di lensa wide iPhone 7 Plus, di lensa telephoto tidak disediakan.

Kamera iPhone 7 Plus sendiri juga memiliki fitur serupa yang disebut Live Focus. bedanya, di iPhone 7 Plus, pengguna tidak bisa mengatur tingkat bokeh (blur), soft focus di bingkai layar smartphone juga tidak ditampilkan saat hendak memotret.

Kini kita membahas fitur-fitur dalam kamera Galaxy Note 8. Samsung memungkinkan pengguna Galaxy Note 8 memotret dua foto sekaligus dengan dua lensanya, wide dan tele melalui fitur Dual Capture.

Selain itu, terdapat juga fitur Live Focus di Galaxy Note 8. Live Focus berguna untuk memilih objek apa yang ingin dipertajam dalam foto. Pengguna bisa mengatur apakah obyek di latar depan atau latar belakang yang akan difokuskan.

Selain itu, tingkat depth of field atau blur di bagian background atau foreground juga bisa diatur blur-nya. Langkah ini bisa dilakukan saat ingin memotret (framing) atau setelahnya.

Melihat fitur-fitur dan kemampuan yang dimiliki kamera Samsung Galaxy Note 8 seperti di atas, pantas saja DJ Koh percaya diri, meski Samsung tergolong telat dalam menghadirkan dual camera di smartphone-nya, namun begitu hadir, benar-benar menawarkan sesuatu hal yang berbeda dan bahkan baru pertama kali ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com