Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Vendor Smartphone dengan Penjualan Tertinggi

Kompas.com - 25/08/2017, 18:15 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Tak kurang dari 366,2 juta unit smartphone terjual sepanjang kuartal kedua 2017. Angka itu meningkat 7,6 persen dari tahun ke tahun.

Menurut laporan teranyar dari firma penelitian Gartner, perangkat Android masih mendominasi dengan pangsa pasar 87,7 persen. Sisanya mengandalkan sistem operasi iOS, yakni 12,1 persen.

Lebih detilnya, Gartner mengumbar lima besar vendor smartphone dengan penjualan tertinggi sepanjang kuartal kedua 2017, sebagai berikut.

Di posisi pertama Samsung masih mendominasi dengan penjualan 82,5 juta unit smartphone. Angka itu meraup 22,5 persen pangsa pasar smartphone.

Kenaikan penjualan smartphone Samsung dari tahun ke tahun terpatok 7,5 persen. Menurut analisa Gartner, Samsung mampu mengatasi gesitnya persaingan dengan para vendor China yang menawarkan ponsel murah.

Tak lantas ikut arus, duo flagship Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus nyatanya diminati pasar. Penjualan smartphone Samsung di kuartal berikutnya diramalkan akan terus meningkat menyusul perilisan lini Galaxy Note 8.

5 besar vendor smartphone kuartal kedua 2017Gartner 5 besar vendor smartphone kuartal kedua 2017

Selanjutnya di posisi kedua Apple pun masih mengukuhkan diri. Sebanyak 44,3 juta unit smartphone terjual pada periode April hingga Juni 2017, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (24/8/2017).

Analis memprediksi kehadiran lini iPhone 7s, iPhone 7s Plus, dan iPhone 8, pada akhir tahun ini akan menggenjot penjualan sang perusahaan berlogo apel. Pasalnya, antusiasme masyarakat sudah terasa kental sedari beberapa bulan lalu.

Posisi ketiga, keempat, dan kelima masing-masing ditempati Huawei, Oppo, dan Vivo secara berurutan. Huawei menjual 35,9 juta unit smartphone dengan pangsa pasar 9,8 persen.

Baca: Meningkat, Jumlah Smartphone China yang Beredar di Indonesia

Dua vendor China yang gesit bersaing, Oppo dan Vivo, masing-masing menjual 26 juta dan 24 juta smartphone. Pangsa pasar keduanya beda tipis, yakni 7,1 persen dan 6,6 persen.

Baca: Alasan Smartphone Rp 2-5 Juta Laku di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com