Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Google untuk Pastikan Android Aman

Kompas.com - 30/08/2017, 09:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.comGoogle punya cara baru untuk memberitahukan kepada para pengguna bahwa perangkat Android yang akan dibelinya aman dari program jahat. Melalui posting blog di India, Google memperkenalkan logo Google Play Protect dan label Certified Android Devices. 

Label dan logo itu merupakan upaya perusahaan untuk menunjukkan keamanan perangkatnya. OS Android sendiri memang dikenal rentan terhadap serangan jahat.

Mengamankan sistem operasi terbuka (open-source) yang digunakan oleh dua miliar orang itu memang bukan perkara mudah. Namun pengamanan ini sangat diperlukan, sehingga Google memutuskan untuk melakukan sertifikasi dan memberikan label.

Sertifikasi dan label ini disematkan di perangkat Google yang sudah melalui serangkaian pengujian keamanan dan berbagai model perizinan dalam aplikasi. Perangkat yang sudah lulus pengujian dari Google yang bisa mendapatkan sertifikasi dan label tersebut.

Baca: Google Pamer Kemampuan Android Oreo Lewat Super Hero

Bahkan bukan cuma perangkatnya saja yang diuji. Google juga menguji dan memastikan setiap aplikasi buatannya yang dipasang di perangkat tersebut, misalnya Gmail, YouTube, Maps, Chrome, dan Search.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (30/8/2017), untuk melakukan pengujian yang jumlahnya mencapai ratusan poin itu, Google bekerja sama dengan berbagai rekan manufaktur di seluruh dunia.

Selain sertifikasi sebagai bukti pengujian keamanan, perangkat tersebut juga disertai platform keamanan Google Play Protect. Platform ini berguna untuk melindungi smartphone dari malware, peretasan privasi, virus, dan untuk melacak lokasi perangkat (Find My Device).

Saat ini, sertifikasi dan label keamanan Google baru disematkan pada perangkat yang dijual di India. Belum diketahui dengan pasti apakah perusahaan bakal membawanya ke negara lain.

Baca: Android Oreo di Pixel dan Nexus Dilaporkan Bermasalah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com