Mengukur Kinerja Galaxy Note 8 dengan Benchmark - Kompas.com

Mengukur Kinerja Galaxy Note 8 dengan Benchmark

Oik Yusuf
Kompas.com - 30/08/2017, 09:53 WIB
Galaxy Note 8 dalam genggaman.Oik Yusuf/KOMPAS.com Galaxy Note 8 dalam genggaman.

KOMPAS.com - Galaxy Note 8 resmi meluncur lewat acara yang digelar di New York, Amerika Serikat, pekan lalu. Perangkat andalan baru Samsung di segmen papan atas ini dibekali fitur unggulan berupa kamera ganda dan stylus S Pen.

Bagaimana dengan kinerjanya? KompasTekno mencoba mengukur performa Galaxy Note 8 dengan menjalankan serangkaian software benchmark populer, yakni AnTuTu, Geekbench, dan PC Mark.

CPU-Z juga dipakai untuk mengidentifikasi jenis prosesor yang tertanam di dalamnya. Kebetulan, KompasTekno mendapat "oleh-oleh" berupa Unit Galaxy Note 8 dengan chipset Exynos 8895 dari acara peluncuran di New York, Amerika Serikat, pekan lalu.

Dari segi spesifikasi hardware, unit Galaxy Note 8 di tangan KompasTekno ini seharusnya identik dengan versi Galaxy Note 8 yang akan dipasarkan di Indonesia nanti.

Baca: 5 Pertimbangan untuk Membeli Galaxy Note 8

Samsung memang biasa menjual ponsel high-end seri Galaxy S dan Galaxy Note dengan chip Exynos di Indonesia. Sementara, varian dengan chip Snapdragon dipasarkan di wilayah Amerika Serikat.

Bagaimana dengan hasil uji benchmark-ya? Galaxy Note 8 ternyata menunjukkan kinerja yang mirip dengan duo pendahulunya, Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Maklum, ketiga ponsel tersebut memang ditenagai SoC yang sama, Exynos 8895.

Galaxy S8 saat dirilis mencatat skor pengujian single core1978. Sementara di Galaxy Note 8, pengujian benchmark single core memunculkan skor lebih tinggi, 2017. Untuk pengujian multi-core, Galaxy S8 mencatat skor 6575, sementara Galaxy Note 8 mencatat skor 6797.

Screenshot hasil pengujian bisa dilihat di bawah. Perlu ditambahkan bahwa Galaxy Note 8 memiliki kapasitas RAM lebih besar, yakni 6 GB, berbanding 4 GB pada Galaxy S8 dan S8+.

Hasil uji benchmark Galaxy Note 8 dengan chip Exynos 8895. Dari kiri ke kanan: AnTuTu 6.2.7, Geekbench 4.1.1, PC Mark Work 2.0Oik Yusuf/ KOMPAS.com Hasil uji benchmark Galaxy Note 8 dengan chip Exynos 8895. Dari kiri ke kanan: AnTuTu 6.2.7, Geekbench 4.1.1, PC Mark Work 2.0

Screenshot CPU-Z memperlihatkan Galaxy Note 8 memakai chip octa core Exynos 8895 dengan frekuensi maksimum 2,3 GHz, berikut RAM 6 GB. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 7.1.1 Nougat.Oik Yusuf/ KOMPAS.com Screenshot CPU-Z memperlihatkan Galaxy Note 8 memakai chip octa core Exynos 8895 dengan frekuensi maksimum 2,3 GHz, berikut RAM 6 GB. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 7.1.1 Nougat.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM