Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan Ajaib Facebook Hengkang ke Google

Kompas.com - 30/08/2017, 11:24 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Sekitar empat tahun lalu, Michael Sayman direkrut Facebook sebagai anak magang. Kala itu Sayman masih berusia 17 tahun dan bakatnya dilirik langsung oleh sang CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Hanya butuh setahun bagi Facebook untuk mengangkat Sayman sebagai engineer tetap dan mengabsahkannya sebagai pegawai termuda. Karena menjadi karyawan termuda dan bakatnya yang langka itulah Sayman dianggap sebagai karyawan ajaib di Facebook.

Kini, menginjak usia 21 tahun, Sayman memutuskan berhenti dari Facebook untuk mengejar karir di raksasa mesin pencari Google.

Tepatnya, Sayman bakal jadi Product Manager untuk Assistant, yakni asisten digital milik Google yang berbasis suara. Assistant merupakan salah satu prioritas pengembangan Google saat ini.

Baca: Berapa Gaji Rata-rata Karyawan Google?

Di ajang Google I/O 2017 lalu, CEO Google Sundar Pichai sesumbar perusahaannya ingin memboyong Assistant untuk semua orang di semua produk. Agaknya peran Sayman diperlukan untuk menghadapi kompetisi dengan Alexa dari Amazon, Siri dari Apple, dan asisten digital lainnya.

“Pada level personal, saya melihat Assistant adalah kesempatan bagi Google untuk menyasar anak-anak dan remaja dari segala background, untuk belajar memrogram dan mendorong mereka mengeksplor dunia komputer dengan cara yang dulu dianggap tak mungkin,” Sayman menuturkan.

Jabatan terakhir Sayman di Facebook juga sebagai Product Manager. Tugasnya membantu Facebook memahami kebiasaan anak muda menggunakan smartphone, mengawal produk-produk eksperimental, serta mensosialisasikan pelbagai tren ke para eksekutif Facebook.

Peran krusial

Peran Sayman bisa dibilang krusial untuk jejaring sosial yang telah menghimpun 1 miliar pengguna aktif tersebut. Ia digadang-gadang sebagai salah satu pegawai ajaib dan brilliant di Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (30/8/2017), dari Bloomberg.

Ia mulai membuat aplikasi untuk iOS ketika masih berusia 13 tahun. Sayman mengaku belajar soal pemrograman dari video tutorial di YouTube. Ia kerap menggunakan tool developer dari Facebook, sampai mencuri perhatian Mark Zuckerberg.

Sayman bahkan pernah diundangan eksklusif untuk diskusi berdua bersama Mark Zuckerberg. Ia kala itu masih memakai behel gigi dan mengajak ibunya untuk turut serta.

Ketika ditanya soal Mark Zuckerberg, Sayman mengatakan, “Ia sangat menginspirasi dan tentu saja bekerja dengannya sangat asik”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com