Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Spesifikasi Ponsel Android One Buatan Xiaomi?

Kompas.com - 04/09/2017, 11:14 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Spesifikasi Xiaomi Mi A1, yang diduga kuat sebagai smartphone Android One yang dikerjakan bersama Google, bocor melalui situs aplikasi benchmark, Geekbench.

Spesifikasi Xiaomi Mi A1 yang disebutkan dalam bocoran tersebut menyangkut sistem operasi, otak pemrosesan (chipset), dan sejumlah hardware yang disematkan di dalamnya.

Bocoran benchmark Xiaomi A1Gizmo China Bocoran benchmark Xiaomi A1
Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Senin (4/9/2107), sistem operasi Xiaomi Mi A1 berupa Android Nougat 7.1.2.

Bila benar ini merupakan Android One, artinya sistem operasi tersebut akan ditampilkan polos, tanpa balutan antarmuka MiUI racikan Xiaomi.

Berikutnya, otak pemrosesan Xiaomi Mi A1 berupa chipset MSM 8953 Qualcomm Snapdragon 625 dengan CPU octa-core 2.0 Ghz. Terdapat juga memori RAM 4 GB.

Bocoran dari Geekbench hanya mengungkap spesifikasi tersebut, tanpa detail lain. Namun dari situ dapat terlihat bahwa Xiaomi A1 ini tergolong Android One dengan spesifikasi tinggi.

Hasil benchmark Geekbench menunjukkan bahwa dalam pengujian single-core, Xiaomi A1 menunjukkan nilai kinerja 852 poin, sedangkan uji multi-core menunjukkan nilai 3.837 poin.

Seperti diketahui, selama ini Android One merupakan smartphone murah yang dibuat dengan jaminan kinerja dan software dari Google. Spesifikasinya sendiri cenderung rendah, sesuai dengan harga banderolnya.

Sekarang masih belum jelas apakah benar Xiaomi A1 ini merupakan bagian dari Android One. atau tidak. Nama A1 juga belum pasti akan disematkan di perangkat tersebut.

Baca: Xiaomi Siapkan Ponsel Murah Android One, Indonesia Kebagian Pertama?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com