iPhone Donald Trump Tak Punya Browser, Kok Bisa? - Kompas.com

iPhone Donald Trump Tak Punya Browser, Kok Bisa?

Oik Yusuf
Kompas.com - 04/09/2017, 15:47 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump frustrasi dengan tindakan rezim Korut, Kim Jong Un.AFP Photo/Frederic J Brown Presiden Amerika Serikat Donald Trump frustrasi dengan tindakan rezim Korut, Kim Jong Un.

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikenal getol berkicau di Twitter. Akan tetapi, bukan berarti dia juga suka atau bisa bebas berselancar di internet.

Smartphone iPhone sang presiden ini, misalnya, tak memiliki browser Safari. Tujuannya, menurut sebuah laporan yang diturunkan The New York Times, adalah untuk membatasi Donald Trump supaya lebih aman dari potensi serangan hacker.

Dia pun tak memakai laptop sehingga harus bergantung kepada staf kepresidenan untuk membaca print-out artikel dari situs web, apabila ingin melihat berita.

Browser Safari merupakan fitur wajib di perangkat iOS seperti iPhone dan tidak bisa dihapus seperti kebanyakan aplikasi lain. Lantas bagaimana caranya Safari dihilangkan dari iPhone Trump?

Baca: Giliran CEO Intel yang Mundur dari Tim Penasihat Donald Trump

Ternyata mudah saja, pengguna cukup membuka menu Settings > General > Restriction. Setelah memasukkan passcode, pengguna akan dihadapkan dengan serangkaian aplikasi yang bisa dimatikan, termasuk Safari.

Menu Restrictions di iOS untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi bawaan.Business Insider Menu Restrictions di iOS untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi bawaan.
Selain Safari ada juga fitur-fitur standar iOS lain seperti Camera, FaceTime, Siri, AirDrop, dan CarPlay. Aplikasi yang dimatikan lewat setting Restriction ini akan disembunyikan dan tidak bisa dijalankan.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Senin (4/9/2017), iPhone milik Trump bisa dikendalikan dari jauh oleh staf kepresidenan dengan memakai software MDM.

Di iPhone Trump konon hanya ada satu aplikasi, yakni Twitter untuk mengunggah aneka macam kicauan yang seringkali kontroversial. Dia baru belakangan saja beralih ke iPhone, setelah sebelumnya setia memakai Galaxy S3.


PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM