Xiaomi Rilis Aplikasi Kalkulator Gratis di Android, Apa Istimewanya? - Kompas.com

Xiaomi Rilis Aplikasi Kalkulator Gratis di Android, Apa Istimewanya?

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 05/09/2017, 08:59 WIB
Mi Calculatorscreenshot Mi Calculator

KOMPAS.com - Xiaomi merilis aplikasi kalkulator bernama Mi Calculator untuk Android. Apa keistimewaan kalkulator tersebut dibandingkan dengan aplikasi sejenis?

Mi Calculator sejatinya merupakan aplikasi kalkulator yang dibuat untuk perangkat Xiaomi atau Android yang menjalankan Mi UI. Perilisan ini menghapus batas tersebut.

Sekarang pengguna sistem operasi Android, minimal seri Jelly Bean 4.1, bisa mengunduh Mi Calculator dan memakai seluruh fiturnya secara gratis.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechTimes, Selasa (5/9/2017), fitur yang dibawa oleh Mi Calculator ini antara lain berupa hal-hal dasar, yakni soal penambahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian.

Baca: Inikah Spesifikasi Ponsel Android One Buatan Xiaomi?

Selain itu, Xiaomi menyematkan kemampuan lain yang dianggap menjadi keunikan Mi Calculator. Kemampuan yang dimaksud adalah fitur yang membuat pengguna bisa memakainya untuk perhitungan sains.

Misalnya, Mi Calculator bisa dipakai untuk menghitung fungsi trigonometri dan logaritma. Kemudian pengguna juga bisa memakainya untuk melakukan konversi area, panjang, massa, kecepatan, waktu, hingga volume benda.

Hal unik lainnya adalah kemampuan Mi Calculator untuk menghitung nilai tukar mata uang dunia. Nilai tukar tersebut terus diperbarui setiap hari sehingga dapat dipakai sebagai rujukan yang tepat.

Sebagai tambahan, Xiaomi juga menyematkan fitur Riwayat pada Mi calculator. Ini membuat aplikasi berhitung itu bisa melacak perhitungan yang telah dilakukan di masa lalu.

Di toko aplikasi Google mungkin saja terdapat banyak kalkulator dengan fungsi mirip Mi Calculator. Namun, Xiaomi meyakini bahwa aplikasi buatannya lebih unik, terutama karena memiliki antarmuka yang mulus, bersih, dan mudah digunakan.

Satu hal yang jadi kekurangan dalam Mi Calculator tersebut, yakni soal banyaknya izin permintaan akses. Permintaan itu antara lain meliputi informasi soal Riwayat Aplikasi dan Perangkat, lokasi, telepon, foto dan media lain, ruang penyimpanan, koneksi WiFi, serta identitas perangkat genggam dan panggilan.

Jika pengguna penasaran dan ingin mencobanya, aplikasi Mi Calculator bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Baca: Vlog: Perjalanan ke India untuk Peluncuran Xiaomi New Series

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorDeliusno
SumberTechtimes

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM