Semua Android Nokia Dipastikan Dapat Oreo - Kompas.com

Semua Android Nokia Dipastikan Dapat Oreo

Oik Yusuf
Kompas.com - 05/09/2017, 09:56 WIB
Pilihan-pilihan warna Nokia 8.HMD Global Pilihan-pilihan warna Nokia 8.

KOMPAS.com - Android 8.0 “Oreo” telah resmi meluncur akhir Agustus lalu. Sistem operasi mobile terbaru besutan Google itu dipastikan bakal mendarat di sejumlah smartphone anyar, termasuk seri Android bikinan Nokia.

Tak tanggung-tanggung, HMD Global, perusahaan Finlandia pemegang merek Nokia, mengatakan bahwa semua smartphone Android Nokia bakal kebagian Oreo, termasuk model entry-level Nokia 3.

Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas lewat sebuah tweet di akun Twitter pribadinya.

“Semua smartphone kami akan di-upgrade ke Oreo, termasuk Nokia 3. Belum ada komentar soal jadwalnya,” kicau Sarvikas.

Baca: Google Resmikan Nama Android Oreo 8.0

Dia mengatakan, Nokia 3 yang dimotori chip MediaTek akan langsung mendapat Oreo setelah sebelumnya mengalami penundaan update Android 7.1.1. Adapun semua smartphone Nokia selain Nokia 3 menggunakan chip Snapdragon.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Selasa (5/9/2017), ponsel-ponsel Nokia menjalankan Android versi stock tanpa banyak tambahan kustomisasi. Oleh karena itu, wajar smartphone Nokia bisa cepat mendapat update OS.

Android Oreo sendiri resmi meluncur pada 21 Agustus lalu, bertepatan dengan peristiwa gerhana matahari total di Negeri Paman Sam. Awalnya, Android Oreo hanya tersedia untuk smartphone Pixel dan Nexus dalam program Android beta.

Di samping Nokia, pabrikan lain yang sudah menjanjikan update sistem operasi smartphone ke Android Oreo termasuk Essential, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, OnePlus, Samsung, Sharp, dan Sony.

Baca: Google Pamer Kemampuan Android Oreo Lewat Super Hero

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
SumberZDNet
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM