Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Android Nokia Dipastikan Dapat Oreo

Kompas.com - 05/09/2017, 09:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Android 8.0 “Oreo” telah resmi meluncur akhir Agustus lalu. Sistem operasi mobile terbaru besutan Google itu dipastikan bakal mendarat di sejumlah smartphone anyar, termasuk seri Android bikinan Nokia.

Tak tanggung-tanggung, HMD Global, perusahaan Finlandia pemegang merek Nokia, mengatakan bahwa semua smartphone Android Nokia bakal kebagian Oreo, termasuk model entry-level Nokia 3.

Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas lewat sebuah tweet di akun Twitter pribadinya.

“Semua smartphone kami akan di-upgrade ke Oreo, termasuk Nokia 3. Belum ada komentar soal jadwalnya,” kicau Sarvikas.

Baca: Google Resmikan Nama Android Oreo 8.0

Dia mengatakan, Nokia 3 yang dimotori chip MediaTek akan langsung mendapat Oreo setelah sebelumnya mengalami penundaan update Android 7.1.1. Adapun semua smartphone Nokia selain Nokia 3 menggunakan chip Snapdragon.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Selasa (5/9/2017), ponsel-ponsel Nokia menjalankan Android versi stock tanpa banyak tambahan kustomisasi. Oleh karena itu, wajar smartphone Nokia bisa cepat mendapat update OS.

Android Oreo sendiri resmi meluncur pada 21 Agustus lalu, bertepatan dengan peristiwa gerhana matahari total di Negeri Paman Sam. Awalnya, Android Oreo hanya tersedia untuk smartphone Pixel dan Nexus dalam program Android beta.

Di samping Nokia, pabrikan lain yang sudah menjanjikan update sistem operasi smartphone ke Android Oreo termasuk Essential, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, OnePlus, Samsung, Sharp, dan Sony.

Baca: Google Pamer Kemampuan Android Oreo Lewat Super Hero

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com