Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Download Video YouTube Jadi MP3 Terancam Ditutup

Kompas.com - 05/09/2017, 20:32 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Situs YouTube-MP3.org, yang kerap digunakan untuk mengunduh file MP3 dari format video YouTube akan segera ditutup. Penutupan tersebut terjadi akibat perseteruan hukum antara pengelola situs dengan sejumlah label rekaman.

Recording Industry Association of America (RIAA) selama ini menyebut YouTube-MP3.org sebagai situs audio rip terbesar di dunia. Banyak orang memakai situs tersebut untuk mengubah tautan video klip YouTube menjadi file suara berformat MP3.

Efek keberadaan situs audio rip itu pun kemudian dinilai merugikan industri musik, sehingga memicu para label berkumpul dan sama-sama mengajukan gugatan hukum.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (5/9/2017), sejumlah label besar yang bergabung dalam upaya gugatan tersebut adalah UMG, Sony Music, serta Warner Bros.

Gugatan diajukan sejak 2016. Alasannya, YouTube-MP3.org bertanggung jawab dalam memicu naiknya pembajakan hak cipta file audio sebesar 40 persen.

Para label secara spesifik menyebutkan 304 lagu yang hak ciptanya dilanggar melalui layanan audio rip milik YouTube-MP3.org. Beberapa di antaranya adalah lagu Clarity milik Zedd, Born This Way milik Lady Gaga, serta Get Ur Freak On milik Missy Elliott.

Karena YouTube-MP3.org dianggap sebagai pusat distribusi ilegal dan mendapat keuntungan dari iklan yang mereka tayangkan, maka gugatan hukum diarahkan kepada situs audio rip tersebut. Diperkirakan ada puluhan hingga ratusan juta lagu yang disalin dan disebarkan secara ilegal oleh layanan audio rip tersebut.

Para label pun meminta ganti rugi sebesar 150.000 dollar AS atau sekitar Rp 2 miliar untuk setiap pelanggaran hak cipta yang berhasil dibuktikan.

Saat ini, pengadilan belum menandatangani keputusan terkait perseteruan hak cipta itu. Tapi jika nanti sudah disetujui, maka YouTube-MP3.org bakal diperintahkan untuk memindahkan kepemilikan domain kepada perwakilan label.

Jika situs audio rip itu tak memenuhi perintah pengadilan, maka registrar akan diminta untuk mematikan domain YouTube-MP3.org dalam 24 jam, dan mengizinkan agar registrar domain tersebut diubah sesuai permintaan para label.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com