Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Mirrorless Fujifilm X-Pro2 Kini Bisa Merekam Video 4K

Kompas.com - 08/09/2017, 08:04 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Setelah lebih dari 1,5 tahun "mentok" dengan standar video full-HD, kamera mirrorless Fujifilm X-Pro2 kini mampu merekam video dengan resolusi 4K. Pembaruan tersebut datang melalui update firmware versi 4.0 yang diluncurkan Fujifilm, bersama dengan kamera mirrorless X-E3 dan sejumlah lensa, Kamis (7/9/2017) ini, di Tokyo, Jepang. 
 
Kemampuan perekaman video Fujifilm X-Pro2 dalam hal resolusi, kini menjadi setara dengan dua saudaranya, yakni mirrorless X-T2 dan X-T20 yang muncul belakangan.

Ketiga kamera ini sama-sama menggunakan sensor Fujifilm X-Trans III resolusi 24 megapiksel dan chip pengolah gambar X Processor Pro. Namun, hanya X-Pro2 yang tidak memiliki kemampuan merekam video 4K sedari awal.

 
Seperti dua saudaranya pula, X-Pro2 yang desainnya serupa kamera rangefinder jadul juga mampu merekam video dengan berbagai simulasi film yang tersedia, seperti preset film positif Velvia, Provia, dan Astia, hingga Classic Chrome.

Baca: Mirrorless Fujifilm X-E3 Resmi Diluncurkan

 
Pembaruan lain yang ikut disertakan dalam update firmware versi 4.0 untuk X-Pro2 mencakup dukungan tether shooting via USB atau Wi-Fi, peningkatan kecepatan tracking autofocus, dan dukungan high-speed sync untuk flash studio pihak ketiga, software Fujifilm X RAW Studio, serta backup setting kamera lewat software Fujifilm X Acquire.
 
Di samping X-Pro2, tiga model kamera lain, yakni mirrorless X-T2 (versi 3.00) dan X-T20 (versi 1.10) , serta premium compact X100F (versi 2.00), ikut mendapat update firmware dengan daftar pembaruan masing-masing.
 
Adapun X100F masih belum mendapat fitur perekaman video 4K. Belum diketahui apakah Fujifilm nantinya akan menambahkan fitur tersebut ke X100F atau tidak.

Baca: Deretan Lensa-lensa Baru Fujifilm, dari Makro hingga Telephoto

 
Untuk saat ini, situs Fujifilm masih belum menampilkan link download untuk firmware terbaru dari empat kamera dimaksud. Apabila sudah tersedia, update firmware bisa diunduh dari tautan berikut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com