Samsung Siapkan Rp 2,6 Miliar bagi Penemu “Kutu” Ponsel Galaxy - Kompas.com

Samsung Siapkan Rp 2,6 Miliar bagi Penemu “Kutu” Ponsel Galaxy

Oik Yusuf
Kompas.com - 08/09/2017, 14:18 WIB
Logo SamsungVenture Beat Logo Samsung

KOMPAS.com - Seperti raksasa teknologi lain macam Google, Facebook, Microsoft, juga Apple, Samsung kini menawarkan bug bounty alias perburuan celah keamanan bernama Mobile Security Rewards Program.

Raksasa elekronik asal Negeri Ginseng ini menantang publik untuk menemukan bug atau kutu sekuriti di perangkat-perangkat mobile besutannya.

Jenis perangkat dimaksud, menurut penjelasan Samsung, mencakup smartphone dan tablet yang dirilis mulai tahun 2016, dari seri Galaxy S, Galaxy A, Galaxy J, Galaxy Note, dan Galaxy Tab, termasuk produk-produk terbaru seperti Galaxy Note 8.

Total ada 38 perangkat yang bisa coba dibobol oleh mereka yang tertarik ingin mengikuti program bug bounty Samsung, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Jumat (8/9/2017).

Baca: Samsung Galaxy Note 8 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Hadiah yang ditawarkan terbilang menggiurkan, antara 200 dollar AS (Rp 2,6 juta) hingga 200.000 dollar AS (Rp 2,6 miliar), tergantung tingkat keparahan celah keamanan yang ditemukan.

Jumlah hadiah itu sebanding dengan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi Silicon Valley, namun masih di bawah Microsoft yang mengiming-imingi 250.000 dollar AS untuk penemu bug Windows 10.

Agar masuk kualifikasi, peserta harus menemukan exploit yang bisa dieksekusi tanpa butuh koneksi fisik ke handset atau memakai aplikasi pihak ketiga. Persyaratan selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Samsung sebelumnya sudah lebih dulu mengelar program perburuan bug untuk produk-produk Smart TV dan Tizen bikinannya.

Bug bounty sejauh ini dinilai efektif dalam mengamankan produk atau layanan jasa TI. Alih-alih memanfaatkan celah keamanan untuk kepentingan sendiri, para penemu bug diberi insentif untuk melaporkannya ke perusahaan terkait.

Baca: Samsung Jamin Galaxy Note 8 Tak Akan Meledak

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
SumberENGADGET
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM