Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan Rp 2,6 Miliar bagi Penemu “Kutu” Ponsel Galaxy

Kompas.com - 08/09/2017, 14:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Seperti raksasa teknologi lain macam Google, Facebook, Microsoft, juga Apple, Samsung kini menawarkan bug bounty alias perburuan celah keamanan bernama Mobile Security Rewards Program.

Raksasa elekronik asal Negeri Ginseng ini menantang publik untuk menemukan bug atau kutu sekuriti di perangkat-perangkat mobile besutannya.

Jenis perangkat dimaksud, menurut penjelasan Samsung, mencakup smartphone dan tablet yang dirilis mulai tahun 2016, dari seri Galaxy S, Galaxy A, Galaxy J, Galaxy Note, dan Galaxy Tab, termasuk produk-produk terbaru seperti Galaxy Note 8.

Total ada 38 perangkat yang bisa coba dibobol oleh mereka yang tertarik ingin mengikuti program bug bounty Samsung, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Jumat (8/9/2017).

Baca: Samsung Galaxy Note 8 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Hadiah yang ditawarkan terbilang menggiurkan, antara 200 dollar AS (Rp 2,6 juta) hingga 200.000 dollar AS (Rp 2,6 miliar), tergantung tingkat keparahan celah keamanan yang ditemukan.

Jumlah hadiah itu sebanding dengan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi Silicon Valley, namun masih di bawah Microsoft yang mengiming-imingi 250.000 dollar AS untuk penemu bug Windows 10.

Agar masuk kualifikasi, peserta harus menemukan exploit yang bisa dieksekusi tanpa butuh koneksi fisik ke handset atau memakai aplikasi pihak ketiga. Persyaratan selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Samsung sebelumnya sudah lebih dulu mengelar program perburuan bug untuk produk-produk Smart TV dan Tizen bikinannya.

Bug bounty sejauh ini dinilai efektif dalam mengamankan produk atau layanan jasa TI. Alih-alih memanfaatkan celah keamanan untuk kepentingan sendiri, para penemu bug diberi insentif untuk melaporkannya ke perusahaan terkait.

Baca: Samsung Jamin Galaxy Note 8 Tak Akan Meledak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com