Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran iOS 11 Ungkap Nama Resmi iPhone 8

Kompas.com - 11/09/2017, 07:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Beberapa hari menjelang kemunculan iPhone 8, sebuah bocoran terkini mengemuka dan mengungkapkan nama resmi dari perangkat tersebut. Menurut bocoran versi "Gold Master" dari iOS 11 ini, iPhone terbaru tak akan dipanggil iPhone 8, melainkan iPhone X.

Embel-embel "X" yang tidak berupa angka kemungkinan dimaksudkan untuk mengindikasikan bahwa smartphone yang bersangkutan merupakan model premium. Selain itu, "X" juga berarti "10" dalam angka Romawi, bersesuaian dengan perayaan ulang tahun ke-10 iPhone pada 2017.

Bocoran iOS 11 turut mengungkap bahwa dua model iPhone lainnya yang akan meluncur berbarengan dengan iPhone X bakal dinamai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Sebelumnya, kedua perangkat ramai diduga bernama iPhone 7S dan iPhone 7S Plus.

Selain itu, bocoran iOS 11 mengandung fitur baru bernama "Face ID" yang agaknya merupakan sebutan untuk sistem pengenal wajah yang diterapkan pada iPhone X untuk menggantikan pengenal sidik jari Touch ID.

Teknologi pengena wajah ini juga bisa dipakai untuk membuat animasi emoji berbasis eskpresi pengguna, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Senin (10/9/2017). Ada beberapa pilihan emoji yang bisa dijadikan animasi, termasuk emoji monyet, robot, kucing, dan anjing.

iPhone X adalah perangkat kategori baru yang termasuk golongan premium. Layarnya dari jenis AMOLED dan bersifat bezel-less sehingga konsep desain iPhone X pun bakal berbeda dibanding model-model iPhone sebelumnya.

Adapun iPhone 8 dan iPhone 8 Plus merupakan penerus langsung dari dua model iPhone terdahulu, yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Keduanya diposisikan di bawah iPhone X.

iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus disinyalir akan meluncur secara resmi dalam sebuah acara yang digelar Apple di Amerika Serikat, 12 September mendatang.

Baca: Jika Harga iPhone 8 Benar Kemahalan, Salahkan Samsung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com