Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motorola Siapkan "Android One" seperti Xiaomi Mi A1?

Kompas.com - 11/09/2017, 08:59 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Lama tak terdengar, pekan lalu nama Android One kembali mencuat melalui kemunculan smartphone Xiaomi Mi A1. Seolah tak mau kalah, Motorola pun dikabarkan sedang bersiap meluncurkan ponsel Android One sendiri.

Tampilan dari sosok smartphone yang bersangkutan belakangan bocor dan beredar lewat akun pembocor ulung Evan Blass. Dalam gambar, tampak punggung sebuah ponsel yang mirip dengan Moto X4 dengan modul kamera ganda.

Bedanya, di sisi bawah tertera tulisan "Android One". Moto X4 diketahui baru saja meluncur ada akhir Agustus lalu. Oleh karena itu, boleh jadi sosok perangkat yang dibocorkan Blass merupakan versi Android One dari Moto X4.

Moto X4 merupakan smartphone kelas menengah yang dibekali chip Qualcomm Snapdragon 630 2,2 Ghz RAM 3/4 GB, media penyimpanan 32/64 GB, baterai 3.000 mAh serta layar 5,2 inci full-HD, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (11/9/2017).

Baca: Moto X4 Resmi Dirilis, Smartphone Menengah Rasa Premium

Bocoran gambar Motorola Moto X4 versi Android One. @evleaks Bocoran gambar Motorola Moto X4 versi Android One.
Kamera gandanya terdiri dari unit 12 megapiksel dengan sudut pandang standar, serta kamera kedua beresolusi 8 megapiksel yang memiliki lensa dengan cakupan bidang pandang ultra wide angle seluas 120 derajat.

Android One sendiri merupakan inisiatif Google menggandeng para pabrikan smartphone yang dimulai pada 2014 lalu. Tujuannya, mengembangkan produk-produk terjangkau demi meningkatkan penetrasi smartphone di negara berkembang.

Ponsel-ponsel Android One mendapat dukungan software langsung dari Google dan menjalankan Android versi murni tanpa tambahan custom UI sehingga lebih mudah mendapat update OS.

Awalnya, ponsel-ponsel Android One terdiri dari perangkat murah meriah di papan bawah. Tren ini agaknya bakal berubah seiring dengan kemunculan Xiaomi Mi A1 dan Moto X4 versi Android One yang termasuk kategori kelas menengah.

Baca: Apa Beda Proyek Ponsel Murah Android One dan Android Go?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com