Kamera Galaxy Note 8 Punya Dual OIS, Apa Gunanya? - Kompas.com

Kamera Galaxy Note 8 Punya Dual OIS, Apa Gunanya?

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 11/09/2017, 18:36 WIB
Dual camera di Galaxy Note 8Samsung Dual camera di Galaxy Note 8

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung tak tanggung-tanggung dalam membuat fitur untuk kamera Galaxy Note 8. Mereka memasukkan dual optical image stabilizer (OIS) ke dalam kamera ganda smartphone tersebut.

Seperti diketahui, OIS biasanya ada di kamera DSLR atau mirrorless dengan tujuan meredam guncangan yang membuat gambar jadi buram.

Namun pada kasus Samsung, fitur tersebut digandakan dan disematkan ke dalam kedua kamera Galaxy Note 8. Lalu apa gunanya?

Pemerhati gadget, Lucky Sebastian dan vlogger Ario Pratomo, saat sesi diskusi dengan media tentang Galaxy Note 8, menceritakan sejumlah kegunaan fitur tersebut.

Baca: Ini Dia Harga Galaxy Note 8 di Indonesia

Lucky mengatakan bahwa OIS di Galaxy Note 8 memang punya fungsi serupa dengan OIS di kamera pada umumnya, yakni untuk meredam getaran tangan pengguna sehingga gambar video atau foto bisa tetap terlihat stabil.

OIS merupakan salah satu fitur yang sangat sulit disematkan ke dalam kamera smartphone. Pasalnya, untuk membuatnya vendor mesti merancang sistem motor dan kecepatan geraknya, agar bisa menetralkan guncangan tangan.

"Misalnya saat merekam atau memotret, tangan goyang ke kanan, maka OIS akan merespon. Motornya bergerak ke arah kiri dengan cepat supaya posisi stabil," terangnya.

"Pada Galaxy Note 8 sendiri terdapat dua OIS karena kamera yang digunakan memiliki dua lensa, yakni wide 26 milimeter dan telephoto 56 milimeter," imbuhnya.

Sementara vlogger Ario Pratomo menambahkan, baginya yang kerap membuat vlog atau sekadar video-video singkat, OIS pada kamera Samsung Galaxy Note 8 sangat berguna. Terutama karena membuatnya bisa merekam video hanya dengan genggaman tangan.

"Karena ada OIS ini kamera Samsung Galaxy Note 8 jadi enak untuk merekam video. Paling terasa itu saat kita zoom-in dan zoom-out, jadi gak goyang karena ada OIS ini," terang Ario yang aktif mengunggah video di akun YouTube Sheggario.

"Biasanya kan kalau merekam pakai pemberat supaya stabil. Dengan Galaxy Note 8 ini jadi bisa handheld," tambahnya.

Baca: Video: Membedah Kamera Ganda Galaxy Note 8

Selain soal zoom-in dan zoom-out, hal OIS juga membantu dalam hal perekaman video timelapse, slow motion, serta saat mengguakan kamera mode telephoto.

"Kalau slow motion jadi mulus meski cuma dipegang tangan sambil jalan," ujar Ario.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM