Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone X Diprediksi Pakai Prosesor 6 Core

Kompas.com - 12/09/2017, 08:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Rilis "Gold Master" dari iOS 11 bocor hanya beberapa hari menjelang kemunculan iPhone X, yakni pada 12 September malam ini. Bocoran sistem operasi ini mengungkap banyak hal, seperti nama ketiga iPhone yang akan meluncur dan fitur-fitur mereka.

Di dalamnmya, ada juga petunjuk bahwa iPhone X akan ditenagai prosesor A11 Fusion yang memiliki CPU enam core yang terdiri dari sepasang core berkecepatan tinggi dan empat core hemat daya.

Sebagai perbandingan, prosesor A10 Fusion di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus diketahui punya dua core kinerja tinggi dan dua core hemat daya, alias empat core/quad-core.

Sementara, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Apple Insider, Selasa (12/9/2017), chip A10X di iPad Pro terbaru datang dengan tiga core "Hurricane" kecepatan tinggi dan tiga core "Zephyr" yang irit daya.

Baca: Jika Harga iPhone 8 Benar Kemahalan, Salahkan Samsung

Core CPU berkecepatan tinggi pada prosesor menangani pengolahan data ketika pengguna menjalankan tugas-tugas berat, seperti bermain game. Sementara core CPU hemat daya mengambil alih untuk tugas ringan, seperti membuka e-mail dan memutar musik.

Belum diketahui apakah chip A11 Fusion akan turut digunakan di iPhone 8 dan iPhone 8 Plus (penerus iPhone 7 dan iPhone 7 Plus), atau hanya di iPhone X saja.

Bocoran iOS 11 ikut mengungkap bahwa ketiga iPhone bakal mendukung video 4K hingga 60 FPS dan video full-HD hingga 240 FPS.

Kebenaran dari rumor ini akan dibuktikan pada malam nanti saat Apple secara resmi merilis lini iPhone terbarunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com