Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Sebut Android Selalu Duluan Dibanding iPhone

Kompas.com - 13/09/2017, 11:25 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Smartphone banyak berevolusi selama beberapa tahun belakangan. Aneka fitur bermunculan, mulai dari pengisian baterai cepat, kamera ganda, pengenal wajah, hingga Augmented Reality.

Sebagian besar inovasi ini muncul pertama kali di Android. Platform lain macam iPhone baru menyusul kemudian. Setidaknya begitulah menurut Qualcomm dalam sebuah tulisan berjudul “Android First”.

“Penemuan dari Qualcomm membuat pondasi untuk banyak teknologi dan pengalaman bernilai di smartphone hari ini, baik untuk Android maupun platform lain,” tulis Qualcomm.

Pabrikan chip itu tidak menyebut nama “iPhone” secara langsung. Namun, istilah “platform lain” di sini bisa dikaitkan ke smartphone besutan Apple tersebut. Dunia smartphone sekarang memang praktis didominasi oleh dua platform saja, yakni Android dan iPhone.

Sebagian teknologi yang disebut oleh Qualcomm, sebagaimana terlihat dalam tabel di bawah, memang sudah ada di Android dan kabarnya baru akan diterapkan di lini iPhone baru.

Tabel inovasi smartphone yang muncul pertama kali di Android, menurut Qualcomm.Qualcomm Tabel inovasi smartphone yang muncul pertama kali di Android, menurut Qualcomm.

Lini iPhone baru dimaksud, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (13/9/2017) adalah iPhone X yang meluncur pada 12 September sehingga menguatkan dugaan bahwa Qualcomm sengaja “menyindir” Apple, sehari sebelum kemunculan iPhone X.

Baca: Apple Perkenalkan iPhone X, Tak Berbingkai dan Tanpa Tombol Home

Perlu ditambahkan bahwa Qualcomm kini sedang terlibat sengketa lisensi paten dengan Apple di pengadilan. Apple menuding Qualcomm menarik biaya lisensi teknologi . Qualcomm menyerang balik dengan berupaya memblokir penjualan iPhone di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com