Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keamanan Privasi di iOS 11 Makin Terjaga

Kompas.com - 14/09/2017, 07:30 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Dalam beberapa penyelidikan hukum di Amerika Serikat, polisi memaksa pengguna iPhone memindai sidik jari mereka untuk membuka ponsel. Aturan yang berlaku melarang polisi meminta passcode, namun belum ada regulasi yang mengatur soal privasi berkenaan dengan sidik jari.

Menyadari hal ini, Apple menambahkan fitur keamanan pada sistem operasi iOS 11. Pemindai sidik jari alias fingerprint scanner tak lagi dijadikan sistem utama penjaga keamanan privasi pengguna.

Apple menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna menon-aktifkan TouchID untuk fingerprint scanner. Dengan begitu, pengguna bisa memilih passcode sebagai satu-satunya jalan untuk membuka iPhone.

Kedua, iOS 11 mewajibkan pengguna memasukkan passcode sebelum melakukan back up data ke komputer. Dalam hal ini, polisi yang hendak melakukan back up data personal pengguna tentu tak bakal bisa, karena harus mengetahui passcode iPhone.

Baca: Apple Umumkan Tanggal Rilis MacOS High Sierra

Intinya, back up data dari iPhone ke komputer atau laptop tak bisa hanya dengan menggunakan TouchID. Selama ini akses data back up adalah hal yang paling sering dilakukan kepolisian atas dalih penyelidikan hukum, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (14/9/2017) dari FastCompany.

Informasi soal penambahan fitur di iOS 11 untuk mengamankan privasi pengguna diketahui dari preview sistem operasi itu yang diumbar firma keamanan ElcomSoft.

Diketahui, Apple sempat tersandung masalah karena menentang inisiasi FBI untuk membobol keamanan privasi pada iPhone milik teroris di San Bernardino beberapa saat lalu. Ujung-ujungnya iPhone itu bisa dibobol dan banyak pengguna meminta Apple memperkuat sistem keamanannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com