Apple Diam-diam Naikkan Harga iPad, Ada Apa? - Kompas.com

Apple Diam-diam Naikkan Harga iPad, Ada Apa?

Oik Yusuf
Kompas.com - 14/09/2017, 17:22 WIB
iPad ProEngadget iPad Pro

KOMPAS.com - Kemunculan iPhone X pekan ini menandai naiknya tingkat harga jual iPhone hingga melewati angka 1.000 dollar AS.

Selagi mata para penggemar gadget di seluruh dunia sibuk memandangi tampilan perangkat bezel-less tersebut, Apple diam-diam ikut menaikkan harga seri tablet iPad Pro.

Banderol model-model iPad Pro 10,5 inci WiFi only di toko online Apple Store di Amerika Serikat terlihat lebih tinggi 50 dollar AS.

Sebelum peluncuran iPhone X, harga versi 256 GB dan 512 GB dari tablet yang diluncurkan pada bulan Juni 2017 tersebut diketahui sebesar 749 dollar AS dan 949 dollar AS.

Sekarang, banderol yang terpampang adalah 799 dollar AS dan 999 dollar AS. iPad Pro 10,5 inci versi WiFI + seluler juga mengalami kenaikan serupa, begitu pula dengan iPad Pro dengan layar 12,9 inci.

Keadaan yang sama dilaporkan terjadi di wilayah-wilayah pasar lain, termasuk Inggris, Australia, dan Eropa.

Ada apa di balik kenaikan harga itu? Seperti biasa, Apple tak memberikan penjelasan apapun terkait keputusannya.

Namun, informasi yang dirangkum KompasTekno dari 9to5mac, Kamis (14/9/2017) menyebutkan satu kemungkinan faktor, yakni harga chip memori flash NAND yang makin mahal karena kelangkaan produksi.

Beberapa waktu lalu CFO Apple Luca Maestri memang pernah mengatakan bahwa pihaknya mulai merasakan dampak kenaikan harga perangkat memori.

Hal tersebut kemungkinan adalah efek samping dari tindakan Apple sendiri yang belakangan sibuk mencari pasokan NAND untuk memenuhi kebutuhan produksi iPhone 8 dan iPhone X.

Belum diketahui apakah kenaikan harga iPad Pro bersifat permanen atau akan kembali dikoreksi setelah harga NAND turun.

Baca: iPhone X Meluncur, iPhone 6S, iPhone 7, dan iPhone SE Turun Harga

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
Sumber9to5mac
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM