Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi YouTube Go yang Hemat Kuota Resmi Hadir di Indonesia

Kompas.com - 18/09/2017, 12:07 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diluncurkan pertama kali di India pada akhir 2016 lalu, YouTube Go akhirnya resmi tersedia di Indonesia. Hal ini disampaikan Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fibriyani Elastria, Senin (19/9/2017), pada pembukaan YouTube Pop-Up Space ketiga di Art1:New Museum, Gunung Sahari, Jakarta.

"Akhirnya mulai saat ini YouTube Go sudah bisa diunduh di Play Store untuk pengguna di Indonesia," kata Fibriyani.

YouTube Go ditujukan untuk memaksimalkan performa YouTube di daerah yang kecepatan internetnya kurang baik. Sama seperti aplikasi YouTube standar, YouTube Go memiliki fungsi utama untuk streaming video.

Bedanya, YouTube Go dibekali berbagai fitur untuk menghemat paket data internet. Salah satunya, YouTube Go bisa melakukan preview video dalam bentuk slideshow (seperti file presentasi). Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan gambaran seperti apa video yang bakal ditontonnya.

Baca: YouTube Go, Aplikasi Streaming Video Hemat Kuota

Pengguna juga bisa mengunduh video yang ada melalui YouTube Go, dan menontonnya di kemudian hari. Fitur ini membuat pengguna hanya menggunakan data internet sekali saja.

Menariknya lagi, pengguna bisa melihat dan memilih ukuran video yang akan diunduh. Jika ingin menghemat data, unduh saja video yang ukurannya paling kecil, namun risikonya resolusi gambar akan lebih rendah.

Sebelum mengunduh, YouTube Go akan memberi tahu, berapa besar kapasitas penyimpanan yang masih tersedia di smartphone. Ada pula kemampuan untuk mengirimkan video yang sudah diunduh ke ponsel lain dengan memanfaatkan Bluetooth.

"Banyak yang suka takut dengan kuota data yang terkuras kalau membuka video di YouTube. Apalagi untuk pengguna di daerah luar Jakarta yang koneksinya belum terlalu baik," Fibriyani menuturkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com