Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Maskapai Penerbangan Pertama yang Pakai Fitur Bisnis WhatsApp

Kompas.com - 19/09/2017, 11:59 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - KLM Royal Dutch Airlines (KLM) menjadi maskapai pertama di dunia yang menggunakan fitur WhatsApp for Business. Lewat layanan ini, penumpang KLM dari negara tertentu bisa berinteraksi dengan customer service KLM melalui platform pesan instan tersebut.

Beberapa layanan yang penumpang KLM bisa lakukan melalui WhatsApp antara lain, konfirmasi booking, notifikasi check-in, boarding pass, dan update status penerbangan.

Layanan di aplikasi resmi WhatsApp Business KLM mendukung 10 bahasa. Konsumen juga bisa menanyakan pertanyaan seputar penerbangan KLM.

"Saya bangga KLM menjadi maskapai pertama di dunia yang memiliki akun WhatsApp terverifikasi," ujar CEO dan President KLM, Pieter Elbers dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (19/92017).

Dengan akun terverifikasi di WhatsApp, KLM menawarkan cara berkomunikasi yang bisa diandalkan untuk pelanggannya, dan bertanya selama 24 jam 7 hari.

"Ini menjadi langkah besar dalam strategi media sosial kami," terang Elbers.

KLM juga meyakinkan, pesan yang dikirim melalui WhatsApp dijamin aman, hanya bisa dibaca oleh pihaknya dan penerima pesan saja, Pelanggan bisa mengenali akun bisnis KLM dengan mudah melalui aplikasi bisnis WhatsApp.

Seperti diketahui, WhatsApp mulai menguji coba fitur bisnis yang menarget perusahaan dan brand agar bisa berkomunikasi dengan pelanggannya, termasuk maskapai penerbangan. Ini adalah bagian dari cara WhatsApp memonetisasi layanannya.

Baca: WhatsApp Uji Coba Fitur Bisnis

Fitur akun bisnis WhatsApp KLM ini baru dirilis terbatas di beberapa negara saja. Ke depannya, KLM berjanji akan membawanya ke tingkat yang lebih luas lagi. KLM menjadi salah satu maskapai di dunia yang mulai mengadopsi layanan akun bisnis WhatsApp untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com