Ini Maskapai Penerbangan Pertama yang Pakai Fitur Bisnis WhatsApp - Kompas.com

Ini Maskapai Penerbangan Pertama yang Pakai Fitur Bisnis WhatsApp

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 19/09/2017, 11:59 WIB
Aplikasi WhatsApp for Business KLMKLM Aplikasi WhatsApp for Business KLM

KOMPAS.com - KLM Royal Dutch Airlines (KLM) menjadi maskapai pertama di dunia yang menggunakan fitur WhatsApp for Business. Lewat layanan ini, penumpang KLM dari negara tertentu bisa berinteraksi dengan customer service KLM melalui platform pesan instan tersebut.

Beberapa layanan yang penumpang KLM bisa lakukan melalui WhatsApp antara lain, konfirmasi booking, notifikasi check-in, boarding pass, dan update status penerbangan.

Layanan di aplikasi resmi WhatsApp Business KLM mendukung 10 bahasa. Konsumen juga bisa menanyakan pertanyaan seputar penerbangan KLM.

"Saya bangga KLM menjadi maskapai pertama di dunia yang memiliki akun WhatsApp terverifikasi," ujar CEO dan President KLM, Pieter Elbers dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (19/92017).

Dengan akun terverifikasi di WhatsApp, KLM menawarkan cara berkomunikasi yang bisa diandalkan untuk pelanggannya, dan bertanya selama 24 jam 7 hari.

"Ini menjadi langkah besar dalam strategi media sosial kami," terang Elbers.

KLM juga meyakinkan, pesan yang dikirim melalui WhatsApp dijamin aman, hanya bisa dibaca oleh pihaknya dan penerima pesan saja, Pelanggan bisa mengenali akun bisnis KLM dengan mudah melalui aplikasi bisnis WhatsApp.

Seperti diketahui, WhatsApp mulai menguji coba fitur bisnis yang menarget perusahaan dan brand agar bisa berkomunikasi dengan pelanggannya, termasuk maskapai penerbangan. Ini adalah bagian dari cara WhatsApp memonetisasi layanannya.

Baca: WhatsApp Uji Coba Fitur Bisnis

Fitur akun bisnis WhatsApp KLM ini baru dirilis terbatas di beberapa negara saja. Ke depannya, KLM berjanji akan membawanya ke tingkat yang lebih luas lagi. KLM menjadi salah satu maskapai di dunia yang mulai mengadopsi layanan akun bisnis WhatsApp untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.

PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM