Ini Dia, Enam YouTuber Indonesia yang Punya 1 Juta Subscriber Halaman 1 - Kompas.com

Ini Dia, Enam YouTuber Indonesia yang Punya 1 Juta Subscriber

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 19/09/2017, 15:44 WIB
YouTube Indonesia memberikan Gold Button kepada 6 YouTuber yang meraih satu juta subscriber.Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com YouTube Indonesia memberikan Gold Button kepada 6 YouTuber yang meraih satu juta subscriber.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kurun waktu satu tahun, jumlah YouTuber Indonesia yang mencapai satu juta pelanggan alias subscriber meningkat dari dua menjadi enam. Ini menunjukkan pertumbuhan industri YouTube Tanah Air yang signifikan.

Sejauh ini, sudah ada sembilan YouTuber Indonesia yang meraih satu juta subscriber. YouTuber pertama yang diganjar “Gold Button” adalah Raditya Dika, lalu disusul Edho Zell dan Reza “Arap” Oktovian.

“Meningkatnya pesat. Selama empat tahun kami cuma punya Raditya Dika yang tembus satu juta subscriber. Tahun lalu sudah ada Edho Zell dan Reza Arap, dan sekarang makin banyak lagi,” kata Niken, Senin (18/9/2017), usai pembukaan YouTube Pop-Up Space di Art1: New Museum, Jakarta.

Berikut enam channel YouTube lokal yang telah menembus satu juta subscriber.

1. Bayu Skak

YouTube Indonesia memberikan Gold Button kepada 6 YouTuber yang meraih satu juta subscriber.Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com YouTube Indonesia memberikan Gold Button kepada 6 YouTuber yang meraih satu juta subscriber.

Bayu Eko Moektito atau kerap disapa “Bayu Skak” adalah YouTuber pertama dari luar Jakarta yang menghimpun satu juta subscriber. Bayu Skak memiliki ciri khas sendiri, yakni selalu berbahasa Jawa dan rata-rata bermonolog di depan kamera.

Topik-topik yang dibahas di akun YouTube Bayu Skak kebanyakan komedi lokal yang lekat dengan kebiasaan orang Jawa. Salah satu videonya yang mendapat view paling banyak berjudul “Tipikal Wong Jowo”.

“Untuk YouTuber lokal, bikin aja konten tentang kelokalan kita. Aku misalnya yang orang Jawa, bikin video kebiasaan makan gorengan atau menggambarkan orang-orang Jawa yang ngeselin. Aku nggak akan dituntut karena aku sendiri orang Jawa,” ia menuturkan.

Baca: Punya 1 Juta Subscriber, Berapa Pendapatan YouTuber Bayu Skak?

Page:
PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorDeliusno
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM