Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perbaikan Layar iPhone Bakal Makin Mahal

Kompas.com - 19/09/2017, 16:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Kemunculan duo iPhone 8 dan iPhone X pekan lalu turut menandai perubahan jajaran harga sejumlah produk Apple. Selain menaikkan harga beberapa model iPad Pro, Apple ternyata ikut diam-diam mendongkrak biaya perbaikan layar iPhone.

Hal tersebut pertama diketahui oleh pengguna Reddit dan kemudian ramai menjadi perbincangan di forum online yang populer di Negeri Paman Sam tersebut.

Besarnya kenaikan harga yang dipatok Apple untuk biaya perbaikan layar adalah 20 dollar AS atau sekitar Rp 260.000. Kenaikan biaya ini berlaku mulai dari iPhone 6S dan iPhone 6S Plus atau yang lebih baru.

The Verge melaporkan bahwa ongkos perbaikan layar iPhone 6S kini menjadi 149 dollar AS (sekitar Rp 2 juta), dari sebelumnya 129 dollar AS (sekitar Rp 1,7 juta). Sementara, Apple mengutip biaya 169 dollar AS (sekitar Rp 2,2 juta) untuk iPhone 6S Plus dan iPhone 7 Plus yang memiliki layar lebih besar, dari sebelumnya 149 dollar AS (sekitar Rp 2 juta).

Baca: iPhone 7 Jet Black Kini Ada Versi Murahnya

Duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang baru pun akan dikenai biaya perbaikan yang sama, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Selasa (19/7/2017). Biaya-biaya di atas berlaku apabila perangkat yang bersangkutan tidak tercakup dalam garansi AppleCare.

Meski begitu, belum diketahui apakah acuan harga perbaikan layar itu akan diaplikasikan juga di Indonesia atau tidak.

Bagaimana dengan iPhone X yang memiliki layar bezel-less memukau? Apple belum mengungkapkan biaya perbaikan layarnya.

Namun, boleh jadi ongkosnya akan paling mahal dibanding model lain mengingat harga garansi AppleCare iPhone X saja dipatok tertinggi di angka 200 dollar AS, dibandingkan 129 dollar AS untuk iPhone 6S, iPhone 7, dan iPhone 8.

Soal garansi AppleCare ini, Apple pun diam-diam menaikkan biaya yang dikenakan untuk iPhone 6S Plus, 7 Plus, dan 8 Plus ke angka 149 dollar AS, dari sebelumnya 129 dollar AS. Adapun harga garansi AppleCare untuk iPhone 6S, 7, dan 8 tetap sama.

Baca: Melihat Lebih Dekat iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com