Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara YouTuber Bayu Skak Rayakan 1 Juta Subscriber

Kompas.com - 20/09/2017, 09:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pelanggan alias subscriber di YouTube bisa dibilang sebagai indikator penting bagi seorang YouTuber. Semakin banyak yang subscribe, semakin banyak pula yang menonton video mereka sehingga lebih mudah menjadi viral.

Biasanya YouTuber merayakan pencapaian angka subscriber tertentu dengan beberapa cara. Lazimnya memberikan hadiah alias giveaway untuk beberapa subscriber terpilih sebagai tanda terima kasih.

Ada juga yang membuat video berkonsep khusus, hingga menyelenggarakan meet and greet. Baru-baru ini, Bayu Eko Moetiko atau kerap disapa Bayu Skak berhasil meraup satu juta subscriber di channel YouTube-nya.

Ia adalah YouTuber pertama dari luar Jakarta yang mencapai satu juta subcriber. Lantas, bagaimana cara Bayu Skak merayakannya?

Ditemui usai pembukaan YouTube Pop-Up Space Jakarta, Bayu Skak mengatakan tak menyiapkan perayaan heboh untuk satu juta subscriber-nya. Ia hanya berkumpul dengan para Skak Mate (sebutan untuk fans Bayu Skak) yang berbasis di Malang.

“Aku dan Skak Mate Malang bikin kayak solidaritas gitu, kami syukuran dan memberikan ke orang-orang yang nggak mampu,” ujarnya, Senin (18/9/2017).

Baca: Punya 1 Juta Subscriber, Berapa Pendapatan YouTuber Bayu Skak?

Tak dinyana, acara syukuran itu dilanjutkan pula oleh para Skak Mate di kota-kota lain. Padahal tak ada koordinasi khusus dari Bayu Skak.

“Ini nilai plus-nya. Di kota-kota lain bikin sendiri-sendiri. Ada Skak Mate berbagi di Yogyakarta, Solo, dan lainnya,” kata dia. 

Selain Bayu Skak, ada lima channel YouTube Tanah Air lainnya yang tahun ini mencapai satu juta subscriber. Masing-masing adalah Ria Ricis, Gen Halilintar, SkinnyIndonesian24, Net Mediatama, dan Musica Studio.

Sebelumnya, Raditya Dika, Edho Zell, dan Reza “Arap” Oktovian telah duluan mencapai satu juta subscriber. Mereka semua diganjar penghargaan Golden Play Button dari YouTube.

YouTube sebagai platform yang mewadahi para YouTuber memberikan penghargaan setiap kali YouTuber mencapai angka subscriber tertentu, mulai dari Silver Play Button (100.000 subscriber), Golden Play Button (satu juta subscriber), Diamond Play Button (10 juta subscriber), hingga Ruby Play Button (50 juta subscriber).

Baca: Ini Dia, Enam YouTuber Indonesia yang Punya 1 Juta Subscriber

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com