Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Uji Tombol "Pembungkam Teman" yang Menyebalkan

Kompas.com - 22/09/2017, 15:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Kesal dengan teman di Facebook yang sering mengganggu dengan posting-an spam atau berbagi hal tidak penting? Tak lama lagi mungkin mereka bisa "dibungkam"dengan sebuah tombol khusus bernama "Snooze".

Tombol yang bersangkutan diketahui sedang diuji coba oleh Facebook. Dengan menekan Snooze, pengguna akan tidak mengikuti (unfollow) sebuah akun, laman, atau grup secara sementara.

Periode waktu unfollow temporer ini bisa diatur, mulai 24 jam, 7 hari, atau 30 hari. Dengan demikian, posting dari akun, laman, atau grup yang di-snooze pun tidak akan muncul di linimasa pengguna selama waktu yang ditentukan.

Seorang juru bicara Facebook yang dikontak oleh TechCrunch membenarkan pihaknya sedang menguji coba fitur tombol Snooze di situs desktop Facebook untuk wilayah Amerika Serikat.

Baca: Facebook Uji Coba Fitur Nonton Video Tanpa Kuota Data

Fasilitas Snooze di Facebook disatukan dengan Unfollow. Bedanya, Snooze hanya melakukan unfollow sementara selama periode waktu 24 jam, 7 hari, atau 30 hari.TechCrunch Fasilitas Snooze di Facebook disatukan dengan Unfollow. Bedanya, Snooze hanya melakukan unfollow sementara selama periode waktu 24 jam, 7 hari, atau 30 hari.

"Kami sedang menguji cara baru agar pengguna bisa mengontrol News Feed, jadi mereka bisa tetap terhubung dengan hal-hal yang paling relevan," ujar sang juru bicara, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (22/9/2017).

Tombol snooze sekaligus mencegah pengguna melakukan unfollow secara permanen terhadap akun, laman, atau grup tertentu. Ini menjaga supaya jejaring pengguna tetap "padat", sehingga menguntungkan pengelola Facebook, misalnya untuk keperluan targeting iklan.

Belum diketahui kapan fitur "Snooze" akan mulai diterapkan secara meluas di Facebook. Saat sudah hadir nanti, Snooze bisa diakses dengan meng-klik panah drop down di pojok atas sebuah posting, lalu memilih opsi "Snooze".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com