Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Mi 7 Dukung Pengisian Daya Tanpa Kabel?

Kompas.com - 23/09/2017, 11:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Xiaomi resmi bergabung dalam Wireless Power Consortium. Konsorsium itu dibentuk sejak 2008 untuk mendorong adopsi teknologi pengisian daya tanpa kabel alias wireless charging berstandar Qi di pasar komersil.

Bergabungnya Xiaomi memicu spekulasi baru. Banyak yang beranggapan Xiaomi akan menerapkan fitur wireless charging pada seri flahgship “Mi”. Hal ini diperkuat pernyataan dari perwakilan Wireless Power Consortium.

“Sangat mungkin Xiaomi mempersiapkan peluncuran smartphone baru dengan dukungan wireless charging,” kata perwakilan tersebut.

Ia bahkan mengindikasikan perangkat Xiaomi pertama yang diduga memakai wireless charging adalah Mi 7. Xiaomi sendiri masih irit bicara untuk menanggapi rumor yang beredar, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (23/9/2017) dari AndroidAuthority.

Baca: Resmi, Xiaomi Mi A1 Dijual Rp 3,1 Juta di Indonesia

Teknologi wireless charging diketahui mulai populer pada 2012 lalu, ketika Nokia dan Google merilis smartphone dengan fitur tersebut. Saat ini wireless charging menjadi salah satu penanda perangkat flagship.

Samsung dan LG menjadi dua pabrikan yang semakin mempopulerkan teknologi tersebut. Belakangan Apple juga mengikuti jejak tersebut melalui lini iPhone 8, 8 Plus, dan X.

Merek-merek itu memang dikenal dengan ponsel flagship. Lantas bagaimana dengan Xiaomi? Selama ini pabrikan China itu dikenal sebagai “perusak pasar” yang doyan memboyong smartphone berspesifikasi mumpuni tapi harganya miring.

Mungkinkan wireless charging mula-mula diboyong ke seri Mi lalu ke lini-lini Redmi yang lebih murah? Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com