Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 8 Dibongkar, Ketahuan Punya Chip Misterius

Kompas.com - 25/09/2017, 09:34 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Techtimes

KOMPAS.com - iPhone 8, smartphone terbaru Apple, sudah resmi melenggang di beberapa negara. Seperti kebiasaannya selama ini, ahli bongkar gadget iFixit pun langsung membongkar perangkat tersebut demi mengetahui tingkat kesulitan perbaikan.

Dari proses pembongkaran itu, diketahui juga komponen apa saja yang hadir di iPhone 8. Salah satu hal yang menarik, iFixit menemukan satu chip misterius di assembly bagian layar.

Chip itu dikatakan misterius karena ahli komponen seandal iFixit pun sampai tidak mengetahui fungsi dari chip tersebut. Hingga berita ini ditayangkan, masih belum ada kabar soal kemampuan chip misterius ini.

Chip misterius di iPhone 8. Kira-kira fungsinya apa ya?iFixit Chip misterius di iPhone 8. Kira-kira fungsinya apa ya?

Pembongkaran ini juga membeberkan beberapa hal menarik lainnya. Salah satunya, soal panel kaca di bagian belakang iPhone 8.

Baca: Penjualan Perdana iPhone 8 Sepi, Siapa Pembeli Pertama?

Kaca di bagian belakang itu akan sangat sulit diperbaiki. Oleh karena itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tech Times, Senin (25/9/2017), pengguna sebaiknya lebih berhati-hati untuk tidak membuatnya retak.

Bongkaran yang dilakukan iFixit jug menemukan, baterai yang ada di iPhone 8 lebih kecil dibandingkan milik iPhone 7. iPhone 8 memiliki baterai kapasitas 1.821 mAh dengan total daya 6,96 Wh, sementara baterai iPhone 7 punya daya 1.960 mAh dengan total daya 7,45 Wh.

Meski punya kapasitas baterai lebih kecil, Apple menjamin baterai di iPhone 8 dan iPhone 7 memiliki ketahanan yang sama. Apple dikatakan sudah mengoptimalkan penggunaan baterai di iOS 11 dan juga chipset A11 Bionic yang dikatakan rendah daya.

Dari pembongkaran ini, iFixit memberikan nilai perbaikan 6 dari 10 untuk iPhone 8. Angka 10 menandakan bahwa perangkat mudah untuk diperbaiki. iPhone 7 sendiri mendapatkan nilai 7 untuk masalah perbaikan ini.

Baca: Berapa Ongkos Produksi iPhone X?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Techtimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com