Samsung Selangkah Lagi Rilis Android Lipat Galaxy X? - Kompas.com

Samsung Selangkah Lagi Rilis Android Lipat Galaxy X?

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 26/09/2017, 10:52 WIB
Ilustrasi ponsel dengan layar lipat.Phone Arena Ilustrasi ponsel dengan layar lipat.

KOMPAS.com - Samsung sepertinya selangkah lagi merealisasikan smartphone lipat yang sudah lama dirumorkan dengan penamaan seri “ Galaxy X”. Dokumen sertifikasi smartphone tersebut sudah muncul di Korea Selatan.

Beberapa bulan lalu, perangkat Samsung dengan nomor model SM-G888 terlihat pada Bluetooth SG, yakni sertifikasi khusus untuk Bluetooth. Lantas baru-baru ini nomor model yang sama terdaftar di NRRA yang tak lain adalah lembaga sertifikasi Korea Selatan, serupa dengan Direktorat Standarisasi Postel di Indonesia.

SM-G888 sendiri diduga kuat adalah Galaxy X. Naga-naganya smartphone lipat itu bakal hadir pertama kali di Korea Selatan sebelum berekspansi ke negara-negara lain. Samsung hingga kini masih irit bicara.

Meski demikian, Mobile Division Head Samsung, DJ Koh, sempat mengindikasikan Galaxy X barangkali muncul ke permukaan pada 2018 mendatang. Belum jelas apakah Galaxy X langsung hadir sebagai produk komersil atau berupa prototipe.

Baca: Galaxy X, Android dengan Layar yang Bisa Dilipat Diuji Samsung

Sebelumnya, kabar yang santer beredar menyebut smartphone lipat itu tak akan ada “batang hidung”-nya sampai 2019. Pasalnya, Samsung disebut ingin fokus mengembangkan smartphone berbingkai tipis alias bezel-less sepanjang 2018.

Namun, seperti yang kita lihat, Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 dengan “Infinity Display” sudah rilis sepanjang 2017 ini. Dengan begitu, Samsung bisa lanjut fokus ke smartphone lipat Galaxy X.

Menurut selentingan isu, Galaxy X bakal mengusung layar OLED yang fleksibel. Ketika sama sekali tak dilipat, ponsel itu disebut bisa berubah menjadi tablet, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (26/9/2017) dari SlashGear.

Berbagai rumor ini belum terkonfirmasi sehingga belum bisa dipercaya sepenuhnya. Kita tunggu saja.

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorDeliusno
SumberSlashGear
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM