Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Terkaya Dunia Lebih Pilih Android Ketimbang iPhone

Kompas.com - 26/09/2017, 14:06 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft sekaligus orang terkaya di dunia, Bill Gates, kini menggunakan smartphone Android. Pilihannya itu didasarkan beberapa pertimbangan.

Pertama, Microsoft tak lagi fokus mengembangkan sistem operasi mobile sejak beberapa saat lalu. Merek Nokia yang diakuisisi pada 2013 pun telah dilepas dan kini menjadi milik HMD Global.

Microsoft bisa dibilang kembali pada bisnis intinya, yakni menciptakan software untuk desktop, disertai infrastruktur komputasi, aplikasi produktivitas, dan artificial intelligence (AI).

Kendati demikian, Bill Gates menggarisbawahi dirinya paling banyak menggunakan aplikasi Microsoft pada ponsel Android yang tak disebutkan jenisnya. Aplikasi yang dimaksud antara lain Microsoft Word, Skype, Teams, dan Outlook.

Baca: Survei Android dan iPhone, Siapa Sering Crash?

Saat ini memang sistem operasi mobile yang lazim digunakan khalayak adalah Android ciptaan Google dan iOS ciptaan Apple. Pertanyaan selanjutnya, mengapa Bill Gates tak beralih ke iOS?

“Saya sebenarnya beralih ke Android dengan tetap menggunakan software Microsoft. Tapi tidak, tidak iPhone,” begitu ditegaskan Bill Gates dalam sebuah wawancara di stasiun televisi Fox News.

Bill Gates mengindikasikan kekagumannya pada sistem operasi yang dikembangkan Google. Secara bisnis, Microsoft dan Google kerap kali berkompetisi dalam hal pengembangan software produktivitas.

Kendati demikian, prinsip-prinsip Microsoft sejatinya lebih condong ke Android ketimbang iOS. Pengguna bisa melakukan modifikasi sistem operasi, sifatnya lebih terbuka dan memungkinkan kolaborasi dengan perusahaan lain.

Sementara iOS sejak dulu dikenal eksklusif. Microsoft dan Apple pun memiliki sejarah panjang soal persaingan bisnis yang ketat di sektor komputer, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (26/9/2017) dari VentureBeat.

Bill Gates dan pendiri Apple Steve Jobs sering dibanding-bandingkan, terutama ketika dulu teknologi belum berkembang sepesat sekarang. Microsoft dan Apple menjadi dua raksasa utama yang bisa disebut kompetitor setimpal.

Bill Gates sendiri saat ini masih menjadi orang terkaya di Bumi. Pada bulan Juli lalu, kekayaan Bill Gates diperkirakan mencapai 89,8 miliar dollar AS.

Baca: Bos Amazon Sempat Jadi Orang Terkaya Dunia Selama Beberapa Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com