Lenovo Rilis Komputer Desktop Terkecil di Dunia - Kompas.com

Lenovo Rilis Komputer Desktop Terkecil di Dunia

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 28/09/2017, 12:12 WIB
Lenovo ThinkStation P320 TinyLenovo Indonesia Lenovo ThinkStation P320 Tiny

KOMPAS.com - Lenovo merilis ThinkStation P320 Tiny, yang diklaim merupakan komputer tipe workstation paling kecil di dunia, di Indonesia.

Ukurannya tergolong sangat kecil dibandingkan workstation lainnya. Ukuran ThinkStation P320 Tiny ini hanyalah 35,6 mm x 180,3 mm x 182,8 mm.

Walau kecil, Lenovo tetap melengkapinya dengan sejumpah port dan fitur yang dibutuhkan pengguna. Contohnya, di bagian depan terdapat 2 x USB 3.0; jack microphone dan jack audio lain.

Sementara itu di bagian belakang bisa ditemukan 4x mini DisplayPort; slot kunci pengaman; Ehternet; 2 Display Port; 3 x USB 3.0; slot antena WiFi; serta penghubung ke power adapter.

Rencananya komputer ini bakal dipasarkan sebagai komputer untuk membantu memenuhi kebutuhan komputasi berbagai usaha kecil dan menengah (UKM).

"Untuk memenuhi kebutuhan modern workstation tersebut, Lenovo memperkenalkan jajaran produk terbaru. Salah satunya adalah ThinkStation ini," ujar Small Medium Business & Large Enterprise Director Lenovo Indonesia, Irene Santosa melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Kamis (28/9/2017).

ThinkStation P320 Tiny sudah mendapatkan sertifikasi ISV, yang menandai bahwa hardware di dalamnya bisa disesuaikan untuk menjalankan berbagai aplikasi bisnis, desain, dan solusi. Misalnya Autodesk AutoCAD, Autodesk Inventor, Autodesk Revit, Bentley Microstation, Siemens NX, Teamcenter dan Tecnomatix.

Sedangkan soal spesifikasi, pengguna bisa meminta sesuai dengan kebutuhannya. Namun Lenovo juga menawarkannya dalam bentuk yang sudah jadi, yakni dengan spesifikasi, prosesor Intel Core i3-7100T 3,4 GHz; Windows 10 Pro 64; RAM 4 GB; grafis NVIDIA Quadro P600 2 GB; serta SSD 256 GB.

Harganya ThinkStation ini adalah mulai dari Rp 15 jutaan dan selanjutnya menyesuaikan spesifikasi yang diinginkan oleh UKM tersebut.

Selain ThinkStation P320 Tiny, Lenovo juga merilis beberapa komputer lain untuk pebisnis. Komputer tersebut adalah ThinkStation P320 Tower/SFF, ThinkPad P51, ThinkPad P71, V Series All-in-One terbaru, serta V Series Desktop Tower terbaru.

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReza Wahyudi

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM