Video: 10 Tips Membuat Konten Instagram Stories yang "Kekinian" - Kompas.com

Video: 10 Tips Membuat Konten Instagram Stories yang "Kekinian"

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 30/09/2017, 18:04 WIB
10 tips Instagram KekinianFatimah Kartini Bohang/Kompas.com 10 tips Instagram Kekinian

KOMPAS.com - Indonesia menjadi negara dengan pengguna Instagram terbesar se-Asia Pasifik. Salah satu fitur yang paling banyak digunakan netizen Tanah Air adalah Instagram Stories.

Laporan pada Agustus 2017 lalu bahkan menunjukkan Jakarta sebagai lokasi tag terpopuler di Instagram, mengalahkan kota-kota dengan populasi terpadat seperti Tokyo, Bangkok, dan London.

Tak disebutkan berapa jumlah pengguna Instagram Stories di Indonesia, namun intensitas pengunggahannya disebut-sebut dua kali lebih banyak ketimbang rata-rata global.

“Untuk orang Indonesia, membagi momen penting adalah bagian dari budaya. Tak heran orang Indonesia menjadi salah satu pengguna Instagram Stories terbesar,” kata Country Director Instagram Indonesia, Sri Widowati, pada Agustus 2017 lalu.

Baca: Orang Indonesia Masuk 5 Besar Terbanyak Jualan di Instagram

Nah, untuk membuat konten-konten di Instagram lebih “kekinian” dan muda, ada beberapa tips dari KompasTekno, sebagai berikut.

1.  Memodifikasi stiker

Instagram menyediakan beragam stiker yang bisa diakses melalui ikon berbentuk kertas terlipat di antarmuka fitur Stories. Setiap stiker memiliki beberapa versi lain, Anda bisa melihatnya dengan menekan alias tap stiker yang dipilih. Bubuhi stiker-stiker itu dengan warna tambahan melalui brush yang tersedia.

2. Teks berbayang

Teks di Instagram bisa dibuat berbayang agar terkesan lebih hidup. Caranya cukup menuliskan satu kata atau kalimat dengan warna tertentu, lalu salin kata atau kalimat yang sama dengan warna berbeda.

Timpa kata atau kalimat pertama dengan kata atau kalimat kedua. Atur komposisi ukurannya sehingga tampak berbayang.

3. Latar warna menyeluruh

Untuk membuat layar penuh dengan warna tertentu, Anda tak perlu lelah menggoreskan brush. Cukup tekan layar selama tiga detik dengan brush warna tertentu, lantas Instagram akan mewarnai keseluruhan layar dengan warna itu.

4. Tulisan kedap-kedip

Belakangan banyak Instagram Stories yang menampilkan tulisan kedap-kedip. Cara membuatnya sederhana, yakni dengan merekam video apa saja di sekitar Anda.

Untuk hasil yang lebih baik, rekamlah video lampu warna-warni. Setelahnya, penuhi layar dengan warna latar tertentu. Lalu pilih brush penghapus, dan tuliskan kata atau kalimat apa saja dengan brush itu.

5. Goresan “artsy”

Anda bisa memadankan beberapa jenis brush yang disediakan Instagram. Brush serupa stabilo menjadi salah satu yang cocok sebagai goresan utama, lalu ditimpa brush bentuk “love”. Di dalam goresan-goresan hasil timpaan itu, tulis kata atau kalimat yang Anda hendaki.

6. Polkadot “artsy”

Efek polkadot sebagai penghias sangat mudah dibubuhkan. Anda hanya perlu memilih brush standar dengan warna tertentu, lalu tekan di beberapa sisi sehingga membentuk motif polkadot. Selanjutnya pilih warna lain dengan ukuran brush berbeda untuk titik-titik lainnya agar terlihat bervariasi.

7. Stiker selfie

Anda bisa mematrikan selfie sebagai stiker dengan memilih selfie sticker di Instagram. Ini membantu imajinasi Anda untuk menjadi apa pun yang Anda mau. Misalnya ingin jadi “ratu bunga”, cukup pilih stiker bunga, lalu patrikan stiker selfie Anda di tengahnya.

8. Zoom in dan out dramatis

Instagram memudahkan Anda memperbesar (zoom in) atau memperkecil (zoom out) obyek yang dibidik. Caranya dengan menekan tombol perekaman, lalu geser ke atas untuk zoom in dan ke bawah untuk zoom out. Dengan begitu, Anda bisa membuat efek video dramatis bak opera sabun.

9. Menyisipkan lagu

Lagu bisa membuat konten visual menjadi lebih bernyawa. Di Instagram Stories, Anda bisa menyisipkan lagu dengan membuka layanan pemutar musik alias music player semacam Spotify, Joox, dan kawanannya, sembari merekam.

10. Menyembunyikan Stories Anda dan mendiamkan Stories orang lain

Instagram memungkinkan Anda menyembunyikan Stories dari orang-orang yang tak diharapkan. Caranya cukup tekan menu tiga titik pada profil Anda, lalu “Story Settings”, “Hide Story From”, kemudian centang orang-orang yang tak boleh melihat Stories Anda.

Anda juga bisa mendiamkan alias mute Stories orang lain. Caranya cukup tekan lama profil orang tersebut ketika muncul di feed Stories. Kemudian pilih “Mute”.

Untuk ilustasi selengkapnya, cek video berikut ini.

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorDeliusno
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM