Konsol Game Lawas Commodore 64 Bangkit dari Kubur - Kompas.com

Konsol Game Lawas Commodore 64 Bangkit dari Kubur

Oik Yusuf
Kompas.com - 02/10/2017, 14:14 WIB
Konsol game Commodore 64 Mini.Retro Games Konsol game Commodore 64 Mini.

KOMPAS.com - Nintendo merilis ulang duo konsol NES (Nintendo Entertainment System orisinal) dan SNES (Super Nintendo). Dua konsol klasik nan jadul tersebut rupanya diminati oleh konsumen sampai-sampai stoknya tak cukup memenuhi permintaan yang membludak.

Mungkin lantaran itulah, developer game Retro Games berniat membangkitkan konsol game lain yang sempat sangat populer namun terkubur dalam ingatan: Commodore 64.

Pertama kali diluncurkan pada 1982, Commodore 64 sebenarnya adalah komputer rumah yang mencatat penjualan tertinggi sejagat, mencapai 17 juta unit, menurut catatan Guiness World Records.

Commoder 64 yang namanya diambil dari kapasitas RAM sebesar 64 kilobyte ini populer sebagai mesin game dengan berbekal sebuah joystick.

Baca: Tak Jadi Disetop, Konsol Klasik Nintendo Hadir Kembali 2018

Reinkarnasi Commodore 64 yang disiapkan oleh Retro Games nantinya akan memiliki ukuran fisik hanya setengah perangkat aslinya. Sebab itulah ia dinamai "Commodore 64 Mini". Di dalam konsol tersebut sudah terpasang 64 judul game.

Kendati berpijak pada konsol era 80-an, Commodore 64 Mini dibekali fitur-fitur modern seperti koneksi HDMI ke TV dan dua port USB yang dipakai untuk menancapkan joystick dan memperbarui firmware.

Fungsi-fungsi komputer dari Commodore 64 asli ikut dipertahankan di Commodore 64 Mini. Para penggunanya nanti bisa memasang keyboard untuk menulis program atau game bikinan sendiri dengan bahasa BASIC.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Senin (2/10/2017), rencananya Retro Games akan merilis Commodore 64 Mini pada 2018 mendatang dengan banderol 70 dollar AS (Rp 950.000) per unit, termasuk sebuah jostick dan kabel HDMI.

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM