Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Lomba Jenggot, Pentolan Narkoba Dark Web Dibekuk

Kompas.com - 02/10/2017, 15:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Gal Vallerius adalah seorang pria 38 tahun asal Perancis yang punya jenggot lebat dan panjang. Akhir Februari lalu dia terbang ke Amerika Serikat untuk mengikuti kontes World Beard and Moustache Championship (WBMC), tapi malah berakhir dibui.

Rupa-rupanya, di balik rambut wajah nan tebal itu, Vallerius diduga merupakan pentolan Dream Market, situs dark web yang memiliki bisnis ilegal berupa jual beli narkoba, barang palsu, dan data hasil curian.

Dark web atau dark net adalah serangkaian situs online yang beroperasi menggunakan jaringan internet, namun hanya bisa diakses dengan software khusus. Oleh karena itu, "internet tersembunyi" ini sering digunakan oleh para pelaku kejahatan.

Vallerius ditahan di bandara internasional Atlanta pada 31 Agustus setelah laptopnya digeledah dan petugas menemukan aneka item mencurigakan, termasuk browser Tor untuk mengakses dark web dan kunci enkripsi PGP untuk akun bernama "OxyMonster".

Baca: Microsoft dan Facebook Pasang Kabel Internet Bawah Laut Terkencang

OxyMonster merupakan nama alias yang digunakan oleh gembong narkoba di Dream Market. Setelah ditelusuri, transaksi Bitcoin (untuk pembayaran narkoba) Oxymonster ternyata memang mengalir ke dompet digital yang terdaftar atas nama Vallerius. Dia pun segera dibekuk.

"OxyMonster secara sadar ikut serta dalam konspirasi Dream Market. Bukan hanya sebagai penjual, tapi juga berperan dalam hal kepemimpinan dan organisasi sebagai moderator dan administrator senior," sebut dokumen pengadilan tentang penangkapannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Senin (2/10/2017).

Di laptop milik Vallerius turut ditemukan uang virtual Bitcoin senilai 500.000 dollar AS. Para penyelidik juga menelusuri akun Instagram dan Twitter milik Vallerius dan menemukan banyak kesamaan gaya bahasa dengan akun OxyMonster di dark web.

Soal jenggot Vallerius, rambut tebal berwarna merah tersebut tumbuh panjang sehigga dia berniat mengikuti lomba jenggot kategori "30,1 hingga 45cm", dalam WBMC di Austin, Texas. Dia baru sekali itu saja singgah di Negeri Paman Sam dan langsung berakhir di penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com