iPhone X Laku, Samsung Untung Banyak - Kompas.com

iPhone X Laku, Samsung Untung Banyak

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 03/10/2017, 14:28 WIB
iPhoen X dijual 999 dollar AS.Ist iPhoen X dijual 999 dollar AS.

KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Counterpoint Technology Market Research mengeluarkan sebuah prediksi yang mengejutkan. Isinya menyatakan, jika penjualan iPhone X ternyata laris, perusahaan yang bakal menikmati keuntungan paling banyak bukanlah Apple, melainkan Samsung.

Menurut lembaga riset itu, keuntungan yang bakal diperoleh Samsung dari iPhone X malah akan lebih besar dibandingkan keuntungan dari larisnya Galaxy S8.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (3/10/2017), keuntungan yang dimaksud berasal dari berbagai komponen buatan Samsung yang dijual ke Apple sebagai bahan baku perakitan iPhone X.

Namun, jangan dulu menyimpulkan bahwa ini hanya soal layar OLED iPhone X. Layar tersebut memang dikatakan dibikin oleh Samsung. 

Baca: Dibongkar, Harga Asli iPhone 8 Terungkap

Selain layar iPhone X, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu juga memasok berbagai komponen lain yang lebih kecil. Bila seluruhnya diperhitungkan, berdasarkan analisis Counterpoint Technology Market Research, maka pendapatan Samsung dari satu iPhone X bisa mencapai 110 dollar AS atau setara Rp 1,5 juta.

Lembaga riset yang sama juga memprediksi bahwa Apple sanggup menjual sekitar 130 juta unit iPhone X hingga musim panas 2019 mendatang. Artinya, setiap unit tersebut akan melipatgandakan pendapatan Samsung hingga mencapai 14,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 194,1 triliun.

Sebagai perbandingan, Samsung diprediksi bakal sanggup menjual Galaxy S8 hingga 50 juta unit dalam 20 bulan sejak peluncurannya. Dari penjualan smartphone jagoannya sendiri, Samsung bisa memperoleh pendapatan dari komponen sekitar 202 dollar AS per unit. Totalnya sekitar 10,1 miliar dollar AS atau setara Rp 137,1 triliun.

Apple sendiri tentu juga mendapatkan untung besar dari penjualan iPhone X, walau diperkirakan tidak akan sebesar Samsung. Sementara waktu ini masih belum diketahui berapa besar prediksi keuntungan Apple.

Baca: Apple Selidiki Kasus Baterai Bengkak iPhone 8 Plus

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorDeliusno
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM