Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Caplok Perusahaan AI Penilai Foto?

Kompas.com - 03/10/2017, 17:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Regaind adalah startup teknologi asal Perancis yang memiliki spesialisasi di bidang kecerdasan buatan dan computer vision untuk menganalisis foto. Belakangan beredar kabar bahwa perusahaan tersebut telah diakuisisi oleh Apple awal tahun ini.

Tujuannya kemungkinan untuk meningkatkan kemampuan identifikasi foto di aplikasi Photos milik iPhone, seperti misalnya fitur "Memories" yang secara otomatis membuat album berbasis event, lokasi, dan faktor lain.

Apple menambah kemampuan intelligent search di aplikasi Photos iPhone beberapa tahun lalu. Pengguna bisa mencari foto dengan mengetikkan kata kunci subyek apa yang terdapat di dalam foto, misalnya "sunset" untuk mencari semua foto berisi matahari terbenam.

Untuk melakukan hal tersebut, iPhone menganalisis konten foto pengguna untuk mengidentifikasi subyek apa yang ada di dalamnya. Proses dilakukan secara otomatis saat ponsel sedang tidak digunakan, seperti ketika di-charge sambil ditinggal tidur.

Baca: Apple Jelaskan Cara Kerja Face ID iPhone X

Nah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (3/10/2017), teknologi computer vision API berbasis AI besutan Regaind memiliki kemampuan yang lebih canggih lagi.

Ilustrasi penilaian kualitas foto oleh teknologi AI dan computer vision Regaind.Regaind Ilustrasi penilaian kualitas foto oleh teknologi AI dan computer vision Regaind.

Selain mampu mengidentifikasi subyek, AI dimaksud bisa pula menilai kualitas aspek teknis dan estetika sebuah foto, seperti komposisi, exposure, pencahayaan, background, dan framing. Bahkan, AI Regaind juga sanggup mengidentifikasi gender, umur, dan emosi subyek orang dalam foto.

Belum diketahui kapan atau seperti apa nantinya penerapan teknologi AI Regaind oleh Apple. Seperti biasa, Apple menolak berkomentar soal kabar akuisisi ini.

"Apple membeli perusahaan teknologi yang lebih kecil dari waktu ke waktu. Kami umumnya tidak mendiskusikan soal tujuan atau rencana perusahaan," ujar Apple singkat.

Besarnya nilai akuisisi Apple atas Regaind pun tidak diketahui. Yang jelas, perusahaan ini pernah menerima pendanaan sekitar 500.000 dollar AS dari Side Capital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com