Mantan CEO Intel Paul Otellini Meninggal Dunia - Kompas.com

Mantan CEO Intel Paul Otellini Meninggal Dunia

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 04/10/2017, 08:31 WIB
Paul OtelliniIst Paul Otellini

KOMPAS.com - Mantan CEO Intel, Paul Otellini, meninggal dunia di usia ke-66 pada Selasa (3/10/2010) di San Francisco, AS. Ia diamanahkan menjadi pemimpin eksekutif di raksasa pembuat chip tersebut selama lebih kurang delapan tahun, dari 2005 hingga 2013.

“Kami sangat berduka dengan meninggalnya Paul,” kata CEO Intel saat ini, Brian Krzanich.

“Ia mewakili suara konsumen yang penting di tengah para engineer, dia mengajarkan kami bahwa kami hanya bisa menang jika mengutamakan konsumen,” Krzanich menambahkan.

Diketahui, Paul Otellini adalah CEO Intel pertama yang bukan berasal dari kalangan engineer, melainkan sales. Selama 49 tahun berdiri, Intel hanya memiliki enam CEO, dan Paul Otellini adalah CEO yang ke-5.

Sepanjang hidupnya, Paul Otellini mengabdi untuk Intel. Ia bergabung di perusahaan tersebut sudah 40 tahun, sejak Intel masih “hijau” di industri teknologi.

Di bawah kepemimpinan Paul Otellini, pendapatan Intel naik dari 38,8 miliar dollar AS (Rp 524 triliun) menjadi 54 miliar dollar AS (Rp 729 triliun). Seorang mantan eksekutif marketing di Intel yang pernah bekerja dengan Paul Otellini mendeskripsikan bagaimana sosok pria tersebut.

Baca: Pionir Internet Meninggal Dunia

“Ia sangat cerdas, energik, dan tak bisa diganggu. Saya melihat dia sebagai seorang pemimpin yang sangat baik,” kata dia.

Paul Otellini meninggalkan seorang istri, anak lelaki dan anak perempuan. Sejak pensiun pada 2013 lalu, Otellini mendedikasikan waktunya untuk menjadi mentor bagi anak muda.

Ia juga bergabung di beberapa yayasan filantropi, termasuk “San Francisco Symphony” serta “San Francisco General Hospital Foundation”, sebagaimana dilaporkan VentureBeat dan dihimpun KompasTekno, Rabu (4/10/2017).

“Paul adalah pebisnis yang fokus, optimis, dan mendedikasikan semua energinya untuk Intel,” kata Chairman Intel, Andy Bryant, dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca: Hukum Moore yang Jadi Acuan Industri Semikonduktor

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM