Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Kamera Ponsel Terbaik Direbut Pixel 2 dari iPhone 8 Plus

Kompas.com - 06/10/2017, 06:59 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber DPReview

KOMPAS.com - Akhir September lalu, iPhone 8 Plus memuncaki ranking kamera smartphone berdasarkan hasil uji DXO Mark, situs referensi untuk pengujian kualitas gambar perangkat digital, termasuk ponsel.

Kejayaan itu ternyata hanya seumur jagung karena iPhone 8 Plus segera disusul Galaxy Note 8 yang menurut DXOMark lebih baik dalam hal kemampuan menjepret foto.

Kini, giliran Pixel 2 besutan Google menyalipnya dan didaulat sebagai smartphone dengan kamera terbaik, meskipun tak dibekali teknologi kamera ganda seperti para pesaingnya.

Kepada Pixel 2, DXOMark memberikan skor terbaik yang pernah didapat oleh sebuah smartphone, yakni 99 poin untuk penilaian foto dan 96 poin untuk penilaian video, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DPReview, Jumat (6/10/2017).

Baca: Ini Spesifikasi Lengkap Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Pengujian DXOMark mencakup sejumlah parameter, seperti exposure dan kontras, akurasi warna, noise, zoom, dan bokeh. DXOMark memuji kemampuan Pixel 2 dalam menangkap detail gambar, baik di area terang maupun gelap, dalam keadaan kontrasi tinggi, seperti di bawah matahari saat tengah hari.

“Di saat cerah Google Pixel 2 menangkap detil tinggi, dengan rendering warna bagus dan dynamic range yang impresif sehingga membuatnya jadi kamera andal untuk menjepret scene dengan kontras tinggi,” tulis DXOMark.

Hasil penilaian kualitas foto dan video Pixel 2 oleh DXOMark.DXOMark Hasil penilaian kualitas foto dan video Pixel 2 oleh DXOMark.

Google memang meningkatkan kemampuan kamera Pixel 2 dibanding pendahulunya. Pixel 2 kini dibekali fitur dual-pixel autofocus berikut fitur penstabil goyangan mekanik (OIS) dan elektronik (EIS).

Kamera Pixel 2 memiliki sensor berukuran 1/2,6 inci dengan resolusi 12 megapiksel yang dipasangkan dengan lensa berbukaan f/1.8. Kamera Pixel 2 sama dengan kakaknya yang berukuran lebih besar, Pixel 2 XL. Jadi kualitas kamera kedua ponsel seharusnya sama pula.

Google Pixel 2Google Google Pixel 2
Kendati dinobatkan memiliki kamera berkualitas terbaik, karena tak memiliki kamera kedua, DXOMark mencatat Pixel 2 tertinggal dari kompetitornya dalam beberapa hal, seperti kemampuan zoom dan kualitas efek depth-of-field (bokeh) saat memotret portrait.

“Pixel 2 memang meningkat dalam hal ini dibanding Pixel, tapi keburaman latar belakang dan bokeh yang dihasilkan tak senatural sistem kamera ganda di iPhone 8 Plus,” tambah DXOMark.

Hasil uji DXOMark selengkapnya, berikut perbandingan foto-foto hasil jepretan Pixel 2 dan sejumlah smartphone lain, bisa dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DPReview
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com