Galaxy Note 9 Punya Fitur yang Tak Jadi Dipasang di iPhone X? - Kompas.com

Galaxy Note 9 Punya Fitur yang Tak Jadi Dipasang di iPhone X?

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 10/10/2017, 13:14 WIB
Galaxy Note 8 memiliki fitur layar Infinity Display, namun bagian sisinya tidak melengkung.Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Galaxy Note 8 memiliki fitur layar Infinity Display, namun bagian sisinya tidak melengkung.

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 9 dikabarkan bakal memiliki sensor pemindai sidik jari di bawah layar, alias under-display optical fingerprint. Setidaknya begitu menurut analis KGO Securities, Ming-Chi Kuo.

Fitur ini kabarnya lebih dulu ingin diimplementasikan Apple pada iPhone X yang dirilis beberapa saat lalu. Kendati demikian, menurut kabar, Apple mengurungkan niatnya lantaran ada masalah produksi.

Sebagai gantinya, Apple mematrikan fitur Face ID di iPhone X. Alih-alih mengidentifikasi sidik jari, Face ID bakal mengidentifikasi wajah untuk menjamin keamanan privasi pengguna.

Sensor under-display optical fingerprint memungkinkan pengguna Galaxy Note 9 membuka alias unlock smartphone mereka dengan menempatkan jari di bagian mana pun di atas layar. Selama ini, sensor sidik jari mesti diakses di tombol khusus atau di tombol Home.

Baca: Begini Cara Kerja Sensor Fingerprint pada Smartphone!

Ming-Chi Kuo mengatakan, ada tiga pabrikan yang menawarkan pasokan sensor under-display optical fingerprint untuk Samsung. Salah satunya adalah Synaptic yang tak lain merupakan pemasok komponen untuk produk-produk Apple.

Selain itu, perusahaan Egis yang saat ini memasok fitur fingerprint scanner untuk Samsung juga disebut-sebut sebagai kandidat kuat memenangkan tender. Samsung masih enggan buka mulut soal rumor ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (10/10/2017) dari BusinessInsider.

Galaxy Note 9 dikatakan bakal meluncur sekitar satu tahun lagi, atau September 2018 mendatang. Dugaan itu merujuk pada rekam jejak peluncuran lini Galaxy Note selama ini.

Benar atau tidaknya berbagai bocoran yang beredar, belum bisa diyakini 100 persen. Tunggu saja peluncurannya akhir tahun depan.

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM